Ini Rahasia Smartwatch Huawei yang Bisa Ngukur Tensi Darah

Ini Rahasia Smartwatch Huawei yang Bisa Ngukur Tensi Darah

Watch D, Image Credit: Huawei--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Jam tangan kini bukan cuma sebagai penunjuk waktu, namun juga sebagai alat pendukung kesehatan. Fitur itu dihadirkan dalam bentuk smartwatch.

Dan dalam beberapa tahun terakhir ini, produsen smartwatch berlomba-lomba untuk menghadirkan fitur pembeda dari smartwatch umumnya.

Jika fitur olahraga sudah terlalu mainstream, namun tidak dengan sensor tekanan darah.

(BACA JUGA:Bikin Desain Digital Jadi Lebih Leluasa, Huawei MatePad Pro Resmi Dijual Perdana)

Itulah yang coba dihadirkan Huawei lewat smartwatch terbarunya.

Dilengkapi dengan micropump, smartwatch generasi terbaru Huawei mampu melakukan monitor pada tekanan darah penggunanya.

Kerennya lagi, smartwatch Huawei dengan monitor tekanan darah ini mampu memberikan hasil yang presisi.

"Untuk memastikan keakuratannya, kami di Huawei sudah memiliki micropump yang ada di balik smartwatch tersebut. Huawei juga sudah mengembangkan teknologi ini selama enam tahun," kata Asia Pacific Solution Expert of All-Scenario Huawei Consumer Business Group Huawei Health Lab Representative Yu Bo, dalam keterangannya secara online.

“Huawei juga sudah mengembangkan teknologi ini selama enam tahun,” ungkap Yu Bo.

Berkat pengembangan selama enam tahun itu, di mana lebih dari 20 paten terkait algoritma tercipta, Huawei akhirnya memecahkan masalah pengukuran tekanan darah, menggunakan airbag dan micropump yang ramping dengan metode oscillography.

Terkait dengan tingkat akurasinya, Yu Bo menyebutkan bahwa fitur itu bisa dimungkinkan, berkat keberadaan micropump yang berada tepat di pergelangan tangan pengguna.

Selain itu, smartwatch ini juga memiliki tingkat akurasi margin error 3 mmHg dari alat tensi konvensional. Hal itu dibantu berkat hadirnya berbagai teknologi yang ada pada smartwatch pintar tersebut.

Meski begitu, jika ingin mendapatkan nilai yang akurat. Pemilik harus memposisikan smartwatch pintar tersebut harus sejajar dengan ketinggian jantung atau posisi telapak tangan harus berada pada dada.

Selain itu, cara yang lain untuk bisa mendapatkan hasil yang akurat. Pengguna smartwatch tersebut, harus dalam kondisi diam tidak bergerak maupun berbicara.

Perangkat terbaru dari Huawei ini hadir sebagai smartwatch pertama di dunia dengan teknologi micropump, dibanderol sekitar 5,5 juta rupiah.

Sumber: