Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Tak Dapat Subsidi, Jokowi: Rasain Dulu 350 Km Per Jam Seperti Apa

Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Tak Dapat Subsidi, Jokowi: Rasain Dulu 350 Km Per Jam Seperti Apa

Presiden Jokowi melakukan uji coba operasional kereta api (KA) cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta, Rabu (13/9/2023) -Mentari Dwi Gayati-ANTARA

Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Tak Disubsidi - Pemerintah memastikan tidakakan memberikan subsidi untuk tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo  (Jokowi) saat melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung, Rabu, 13 September 2023.

“Tidak ada subsidi,” Tegas Presiden Jokowi di Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan harga tiket kereta cepat akan ditetapkan melalui sejumlah kalkulasi dan perhitungan. 

Pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung untuk mendorong masyarakat berpindah ke transportasi massal dari penggunaan kendaraan pribadi.

"Sehingga kemacetan di jalan bisa dikurangi, polusi bisa dikurangi. Arahnya ke situ karena setiap tahun kita kehilangan, karena macet di Jabodetabek dan Bandung itu sudah lebih dari (kerugian ekonomi karena macet) Rp100 triliun," ujarnya.

BACA JUGA:

Disinggung mengenai besar atau kecilnya potensi perpindahan penumpang dari Kereta Api Agro Prahayangan ke kereta cepat Jakarta-Bandung tanpa adanya subsidi pemerintah, Presiden menjelaskan bahwa masyarakat perlu mencoba terlebih dahulu kereta cepat yang mampu melaju hingga 350 kilometer per jam dengan waktu tempuh Jakarta-Padalarang (Bandung Barat) hanya 25 menit itu.

“Orang kan mesti merasakan dulu, orang pasti mencoba dulu, baru menentukan sikap. Belum ngerasain sudah mengomentari. Rasain dulu 350 km per jam seperti apa, dari Halim (Jakarta) sampai ke Padalarang (Bandung Barat) berapa menit tadi, 25 menit. Kalau sampai Tegalluar berapa menit ? coba,” kata Presiden.

Pemerintah, kata Presiden, akan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan uji coba kereta cepat secara gratis.

"Biar orang mencoba, masyarakat mencoba," ujarnya.

Presiden pada Selasa ini melakukan uji coba operasional kereta api (KA) cepat relasi Jakarta-Bandung dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta.

Turut mendampingi Presiden yakni Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: