Menhub Uji Coba Kereta Cepat Jakarta - Bandung: Semoga Oktober 2023 Sudah Bisa Digunakan

Menhub Uji Coba Kereta Cepat Jakarta - Bandung: Semoga Oktober 2023 Sudah Bisa Digunakan

RAPAT digelar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di dalam gerbong kereta cepat selama perjalanan 30 menit.-Foto: Dokumentasi KCIC-

Kereta Cepat Jakarta - Bandung - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) untuk memastikan kesiapan operasional hingga dinyatakan siap beroperasi.

Budi Karya mengatakan, Kemenhub bersama KCIC terus melakukan penyempurnaan dengan melakukan serangkaian uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung. 

"Mudah-mudahan uji coba berjalan lancar dengan hasil yang baik, sehingga sudah bisa digunakan masyarakat pada Oktober 2023,” ujar Budi Karya, Sabtu 2 September 2023.

Selain mencoba Kereta Cepat Jakarta Bandung, Menhub Budi Karya juga mencoba feeder yang menghubungkan Stasiun Padalarang dengan Stasiun Bandung.

Budi karya memastikan integrasi antara kereta cepat dengan moda transportasi lainnya sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan akses.

Sejumlah pembangunan tengah dilakukan untuk mengoptimalkan perjalanan kereta feeder.

BACA JUGA:

Secara keseluruhan akan ada pembangunan Skybridge di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung, serta pembangunan Flyover Ciroyom dan Pusdikpom yang ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini.

Selain kereta feeder, terdapat pula sejumlah akses penghubung dari dan ke Stasiun Padalarang, di antaranya adalah BTS Trans Metro Pasundan Rute Alun-Alun KBP, Bus Damri Rute Alun – Alun Bandung – Situ Ciburuy (Via Cimahi) serta Rute usulan St. Padalarang –Lembang oleh KBB, serta angkutan perkotaan (angkot) Rute Padalarang - Rajamandala, Rute Padalarang – Cimahi –Leuwipanjang, dan rute Padalarang - Cimahi.

Dalam uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung ini diawali dengan peninjauan kesiapan Stasiun Kereta Cepat Halim.

Menhub juga melakukan perjalanan kereta cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang.

Perjalanan berjalan mulus, waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan kecepatan tertinggi hingga 352 km/jam.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki KA Feeder Kereta Cepat dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: