Cegah Kasus Bunuh Diri, Warga Tangerang Diimbau Cek Kesehatan Mental Jika Alami Gejala Ini

Cegah Kasus Bunuh Diri, Warga Tangerang Diimbau Cek Kesehatan Mental Jika Alami Gejala Ini

Ilustrasi Seseorang Alami Depresi--Istimewa

Pemeriksaan Kesehatan Mental -- Warga Kota Tangerang diimbau lebih memperhatikan kesehatan mentalnya. Hal itu perlu dilakukan guna menghindari kejadian bunuh diri lantaran abai terhadap kesehatan mental.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang, dr. O.U. Taty Damayanti mengatakan RSUD Kota Tangerang memiliki layanan Poli Jiwa untuk menangan gangguan kesehatan mental.

Masyarakat juga tidak perlu ragu atau takut untuk memeriksakan kesehatan mentalnya. Sebab ada tenaga kesehatan profesional yang disiapkan.

"Kesehatan mental memang masih banyak yang belum menyadari bahwa itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita," ujarnya, Senin 10 September 2023.

Kata dia, RSUD Kota Tangerang memiliki dokter spesialis kejiwaan atau psikiater yang siap membantu mengatasi kesehatan mental masyarakat Kota Tangerang.

Ia melanjutkan, beberapa gangguan kesehatan mental di antaranya adalah depresi, kecemasan berlebihan, halusinasi, hingga kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri atau percobaan bunuh diri.

"Jika memiliki beberapa gejala-gejala yang mengganggu produktivitas sehari-hari agar secepatnya mendatangi fasilitas layanan kesehatan," tuturnya.

Dia juga mengimbau masyarakat, jangan mendiagnosa diri sendiri mengidap gangguan kesehatan mental tertentu hanya dengan membaca dari internet.

Segera datangi atau cari bantuan dari profesional yang memang ahlinya. Salah satunya, dapat mengunjungi RSUD Kota Tangerang

"Sehingga, dapat diketahui apa penyebab sebenarnya dan tindakan yang tepat untuk penanganannya," lanjutnya.

Diharapkan, masyarakat dapat lebih memperhatikan kesehatan mental baik diri sendiri, keluarga, dan kerabat terdekat.

"RSUD Kota Tangerang siap melayani permasalahan kesehatan masyarakat baik fisik maupun psikis dengan maksimal," tukasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: