Melihat Lebih Dekat Pasar Anyar, Ikon Legendaris Kebanggaan Kota Tangerang

Melihat Lebih Dekat Pasar Anyar, Ikon Legendaris Kebanggaan Kota Tangerang

Pasar Anyar Kota Tangerang. --

Pasar Anyar Kota Tangerang - Siapa yang tidak tahu Pasar Anyar. Pusat perekonomian yang telah ada sejak 1967 ini menjadi salah satu ikon kebanggaan Kota Tangerang. 

Pasar Anyar Tangerang juga dikenal sebagai salah satu pasar tradisional dengan kapasitas besar di Kota Tangerang. 

Terletak di tengah kawasan pusat kota, tepatnya di Kelurahan Sukasasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Pasar Anyar kini mempunyai luas lahan sebesar 24.680 m2 dengan mobilitas pengunjung yang luar biasa. 

Saat ini, Pasar Anyar dikelola oleh Perumda Pasar Kota Tangerang dan menjadi salah satu aset daerah yang ikonik dan mempunyai catatan historis yang membanggakan. 

"Pasar Anyar Tangerang sempat mengalami masa kejayaan yang luar biasa. Bahkan, di era tersebut, Pasar Anyar Tangerang mampu menampung sekitar 4 ribu kios dengan jumlah kunjungan rata-rata 2 ribu pengunjung setiap harinya. Terlebih, sejak dulu Pasar Anyar Tangerang memang terkenal dengan pasar tradisional yang menyediakan kebutuhan pokok secara lengkap," ujar Direktur Utama Perumda Pasar Kota Tangerang, Titien Mulyati, Sabtu 9 September 2023. 

Tak hanya itu, Pasar Anyar Tangerang juga dikenal sebagai salah satu pasar tradisional yang menjadi penggerak utama perekonomian di Kota Tangerang dan berbagai wilayah di sekitarnya. 

Beroperasi selama 24 jam penuh, Pasar Anyar memiliki tiga lapis bangunan dengan klasifikasi produk penjualan yang berbeda-beda.

Lantai satu didominasi penjualan makanan kering, seperti sembako, sayur, beras, dan lainnya, lantai dua didominasi penjualan pakaian, dan lantai tiga yang didominasi kantor serta fasilitas umum. 

Sementara itu, Pasar Anyar Tangerang sempat berada di masa kejayaan sebagai pusat perekonomian di Kota Tangerang pada dekade 1990-an dan awal 2000-an. 

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, bangunan Pasar Anyar Tangerang pun termakan usia. Sehingga, mengurangi kenyamanan pengunjung yang datang ke Pasar Anyar.

Oleh karenanya, kata Titien, Pasar Anyar Tangerang direncanakan untuk segera direvitalisasi dalam bentuk infrastruktur, sistem yang lebih modern, terintegrasi dengan ruang publik lainnya, moda transportasi publik, bahkan kawasan destinasi wisata Kota Lama Kota Tangerang. 

Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kembali kenyaman, keamanan, dan kemudahan melakukan transaksi perbelanjaan di Pasar Anyar Kota Tangerang. 

Selaras dengan itu, salah satu pedagang Pasar Anyar, Dadang menceritakan Pasar Anyar Tangerang tidak pernah mengalami renovasi yang besar. 

Saat ini, bangunannya sudah tua, akibatnya Pasar Anyar Tangerang mengalami banyak kerusakan fisik. Seperti keramik lantai terangkat, cat mengelupas, atap bolong, lampu utama yang mati, serta banyaknya kios yang kurang rapi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: