Belasan Kendaraan Dinas Polres Metro Tangerang Kota Tak Lolos Uji Emisi

Belasan Kendaraan Dinas Polres Metro Tangerang Kota Tak Lolos Uji Emisi

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho Saat Memantau Uji Emisi Pada Kendaraan Dinas Polri--Rikhi Ferdian Untuk FIN

 

Uji Emisi Kendaraan Dinas Polri -- Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya, menggelar uji emisi pada kendaraan dinas. Hal ini dilakukan guna menekan polusi udara khususnya di wilayah Kota Tangerang, Jumat 8 September 2023.

Hasilnya, sejumlah kendaraan dinas milik kepolisian tersebut kedapatan tak lolos uji emisi.

Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengaku bersyukur karena kendaraan dinas kepolisian yang tak lolos uji emisi itu dapat ditemukan lebih awal.

"Kami bersyukur ditemukan lebih awal ada beberapa kendaraan dinas anggota tidak lolos uji emisi, motor ada 1, mobil dinas ada 12, lalu mobil anggota ada 2," ujarnya.

Lanjut Zain, kendaraan dinas polisi yang tidak lolos uji emisi itu dapat langsung diperbaiki melalui bengkel pemeliharaan dan perawatan (Harwat) kendaraan dinas yang dimiliki Polres.

Nantinya, sejumlah motor dan mobil dinas itu akan diuji emisi ulang setelah diperbaiki.

"Uji emisi dilingkup kedinasan Polri ini sesuai penyampaian Kasatgas Pengendalian Pencemaran Udara Polda Metro Jaya, Kombes Pol Nurcholis, saat melaksanakan sidak di kawasan Industri Pasir Jaya, kemarin," tuturnya.

Dikatakan Zain, uji emisi ini digelar dalam rangka melakukan upaya preventif dan preemtif guna membantu menekan polusi udara. Khususnya di wilayah Kota Tangerang.

Ia menyebut, dalam uji emisi yang digelar tersebut terdaftar sebanyak 351 motor dan 91 mobil dinas termasuk mobil anggota.

"Kendaraan dinas kepolisian inindigunakan selama 24 jam untuk melayani masyarakat, Tentu menjadi perhatiannya agar dilakukan uji emisi," imbuhnya.

Ia pun berharap, uji emisi yang dilakukan Polri dapat menjadi contoh di masyarakat, guna memperbaiki kualitas udara agar menjadi lebih bersih dan sehat.

zain menambahkan, pelaksanaan uji emisi ini merupakan bentuk kerjasama antar Satlantas Polres Metro Tangerang Kota bersama dengan dinas perhubungan dan dinas lingkungan hidup kota Tangerang.

"Nantinya, Hasil dari uji emisi ini untuk yang lolos akan terpasang stiker maupun barcode yang terintegrasi melalui link https://ditppu.menlhk.go.id/langit-biru/statusujiemisi," tutup Kapolres.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: