Cara Cek Bansos 2023 Lewat HP, Cuma Pakai KTP!

Cara Cek Bansos 2023 Lewat HP, Cuma Pakai KTP!

Aplikasi Cek Bansos PKH Tahun 2023 dan Cara Pengecekannya, Gampang Banget!--

Cara Cek Bansos 2023 Lewat HP - Apakah dana bansos sudah cair atau belum? Simak cara cek bansos 2023 hanya lewat smartphone (HP).

Pemerintah sedang melakukan penyaluran bantuan sosial atau bansos tahap ketiga dengan jadwal penyaluran bulan Juli, Agustus, dan September 2023.

Untuk mengetahui dana bansosmu sudah cair atau belum, kamu harus mengecek sendiri di website Kementerian Sosial (Kemensos). 

Persyaratannya cukup mudah, kamu hanya perlu mempersiapkan KTP untuk cek bansos 2023 lewat HP. Masukkan data pribadi di menu yang disediakan, lalu lihat apakah nama kamu masuk daftar penerima bansos. 

Adapun beberapa jenis bansos yang disiapkan pemerintah untuk masyarakat miskin.  Program bansos tersebut meliputi Program Bantuan Tunai Langsung (BLT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan bantuan pangan secara non tunai (BPNT). 

BACA JUGA

Bantuan yang diberikan berguna untuk menyokong keluarga penerima manfaat dalam menghadapi tantangan ekonomi dengan lebih baik.

Cara Cek Bansos Lewat HP 2023

Untuk memastikan nama Anda masuk dalam daftar penerima bansos PKH 2023 tahap 3, Anda dapat melakukan pengecekan melalui website cekbansos.kemensos.go.id. Pertama-tama Anda harus menyiapkan KTP terlebih dahulu.

  1. Buka cekbansos.kemensos.go.id
  2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan
  3. Masukkan nama sesuai KTP
  4. Ketikkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
  5. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru
  6. Klik tombol CARI DATA.

Jadwal dan Nominal Pencairan Bansos PKH 2023 Tahap 3

Pencairan PKH 2023 tahap 3 dijadwalkan akan dilakukan mulai bulan Juli hingga September 2023. Simak jadwal pencairan bansos PKH di bawah ini

  • Tahap 1: Januari-Maret
  • Tahap 2: April-Juni
  • Tahap 3: Juli-September
  • Tahap 4: Oktober-Desember

BACA JUGA

Manfaat cek bansos 2023 adalah untuk memantau apakah dana Anda telah cair atau belum ke rekening pribadi. Dengan begitu, Anda bisa menarik uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain cair ke bank tergabung HIMBARA, bansos juga disalurkan lewat PT Pos Indonesia. Besaran bantuan PKH Agustus 2023 di bagi dalam beberapa kategori, mulai dari ibu hamil sampai anak sekolahan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Anisa Suci

Tentang Penulis

Sumber: