Sosok Arist Merdeka Sirait di Mata Ketua KPA Kabupaten Tangerang

Sosok Arist Merdeka Sirait di Mata Ketua KPA Kabupaten Tangerang

Poto Kenangan Ketua KPA Kabupaten Tangerang Dewi Sundari (kanan) Bersama Almarhum Arist Merdeka Sirait di Salah Satu Kegiatan KPAI --Rikhi Ferdian Untuk FIN

Sosok Arist Merdeka Sirait -- Ketua umum Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Arist Merdeka Sirait tutup usia, hari ini Sabtu 26 Agustus 2023.

Wafatnya aktivis dan tokoh pejuang perlindungan anak ini meninggalkan duka mendalam bagi para pegiat anak di Indonesia.

Tak terkecuali, ketua KPA Kabupaten Tangerang Dewi Sundari yang mengaku sangat kehilangan sosok Arist Merdeka Sirait sebagai orang tua dan sahabat di mata para pejuang perlindungan anak.

"Beliau itu (Arist Merdeka Sirait) sosok orang tua, sosok sahabat yang luar biasa. Dalam kondisi sakit pun beliau tidak pernah kenal lelah memperjuangkan (perlindungan anak)," ungkap Dewi kepada FIN, Sabtu 26 Agustus 2023.

Ia pun mengaku terpukul atas kabar duka tersebut. Kata Dewi, selama sakit pun Arist Merdeka Sirait masih kerap hadir untuk memperjuangkan perlindungan anak-anak di Indonesia.

"Dari sabang sampai merauke beliau pasti hadir setiap mendengar isu soal anak. Kami semua terpukul dengan kondisi ini tapi Allah berkehendak lain," ujarnya.

Dewi mengaku terakhir bertemu dengan Arist Merdeka Sirait saat kegiatan gerakan anak sekampung di daerah Balaraja Tangerang.

Menurutnya, Arist Merdeka Sirait merupakan sosok yang humble khususnya dalam menangani kasus hukum pada anak.

"Kalau diceritain soal beliau banyak kisah dari pada perjuangan yang beliau lakukan yang memotivasi kami baik dalam penanganan kasus anak maupun pencegahan preventifnya," tuturnya.

Dikatakan Dewi, effort yang dilakukan seorang Arist Merdeka Sirait dalam melindungi anak-anak menjadi contoh, khususnya bagi para pegiat perlindungan anak yang masih muda.

Terutama keseriusan dan totalitasnya dalam melindungi hak para anak yang menjadi tunas bangsa.

"Kalau kata beliau kita tetap berjuang dengan apa yang kita miliki tanpa mengharapkan apapun selain Ridho Allah," ulasnya.

Namun menurutnya, ada satu pesan Arist Merdeka Sirait yang tak bisa ia lupakan adalah kala KPAI sempat berpolemik dengan LPAI yang di ketuai oleh Seto Mulyadi.

Di tengah polemik tersebut Arist berpesan kepada seluruh anggota KPAI untuk tidak menebarkan kebencian maupun hal-hal yang dapat menggangu tumbuh kembang anak.

"Beliau sosok yang luar biasa. Tentunya kami berduka dan sangat  kehilangan beliau," tukasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: