Andi Arief Desak Anies Baswedan Segera Umumkan Nama Cawapres: Sebagai Taktik Naikkan Elektabilitas

Andi Arief Desak Anies Baswedan Segera Umumkan Nama Cawapres: Sebagai Taktik Naikkan Elektabilitas

Bacapres Anies Baswedan (kanan) diringi Agus Harimurti Yudhoyono (tengah, belakang) berjalan memasuki Museum dan Galeri SBY*ANI di Pacitan, Kamis (17/8/2023) -Destyan Handri Sujarwoko-ANTARA

Politikus Partai Demokrat Andi Arief meminta Anies Baswedan agar segera mengumumkan nama kandidat Calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies Baswedan. 

Menurutnya, dengan diumumkan nama cawapres Anies sejak dini, akan membantu mengangkat elektabilitas Anies Baswedan. 

"Saya berharap @aniesbaswedan segera mendeklarasikan cawapresnya sebagai taktik menaikkan elektabilitasnya. Beberapa kawan dari Nasdem harap lebih bijak soal ini. Adapun tim 8 segera mengevaluasi capaiannya," kata Andi Arief di Twitter-nya, dikutip Senin 21 Agustus 2023. 

Andi Arief juga meminta Anies Baswedan agar tidak mengistimewakan salah satu partai dari 3 partai yang mendukungnya. 

"Buat @aniesbaswedan harus memperlakukan 3 partai dengan posisi yang sama. Tidak ada partai yang diberi keistimewaan," kata Andi Arief. 

BACA JUGA:

Sebelumnya, Partai NasDem menunda pengumuman Cawapres Anies Baswedan. Padahal rencanya, nama cawapres Anies Baswedan diumumkan  pada 17 Agustus 2023 kemarin. Namun batal.

Wakil ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menegaskan, tidak ada rencana pengumuman cawapres Anies Baswedan dalan waktu dekat. 

"Saya mewakili Partai NasDem, dan Waketum Partai NasDem yang satu-satunya diberi SK oleh partai sebagai tim pilpres, saya katakan tidak ada deklarasi (cawapres) dalam waktu dekat ini," kata Ali di kawasan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Sabtu 19 Agustus 2023.

Menurut dia, NasDem menilai belum ada kepentingan mendesak yang mengharuskan koalisi mengumumkan cawapres Anies Baswedan.

"Tidak ada hal yang urgent untuk buru-buru mengumumkan cawapres, karena bagi NasDem melihat itu bukan suatu langkah taktis. Politik itu bukan persoalan kepintaran tapi persoalan bagaimana kemudian kita memanfaatkan waktu, momentum," jelas dia.

BACA JUGA:

Ali menyampaikan, banyak variabel yang mesti dipertimbangkan. Sehingga NasDem, kata dia tidak akan mendesak Anies mengumumkan cawapres secara terburu-buru.

"Sehingga kemudian pada akhirnya NasDem berkesimpulan bahwa tidak ada hal yang urgent untuk mengumumkan calon wakil presiden hari ini," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: