UOB Indonesia Dorong Pemberdayaan Perempuan Lewat Produk dan Layanan Keuangan yang Tepat

UOB Indonesia Dorong Pemberdayaan Perempuan Lewat Produk dan Layanan Keuangan yang Tepat

UOB Indonesia gelar Media Literacy Circle di Jakarta, pada 15 Agustus 2023--

UOB Indonesia - UOB Indonesia terus memainkan peran sebagai katalis dan pendorong untuk mendukung pemberdayaan perempuan, dan membantu mereka mendapatkan produk dan layanan keuangan yang tepat guna membangun masa depan yang aman dan sejahtera. 

UOB Indonesia menggelar literasi bertajuk “Building Inclusive Economies” di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Pada pembahasan kali ini peran penting perempuan di Indonesia tidak hanya di tingkat rumah tangga, tetapi juga potensi dan kemampuan yang signifikan untuk memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

UOB Indonesia menilai, dengan memberdayakan perempuan sesuai potensinya, diharapkan dapat membawa ekonomi Indonesia menjadi lebih baik. UOB Indonesia memahami bahwa sebagian besar perempuan memiliki pengetahuan dan kapasitas untuk berpikir tentang mengamankan dana untuk keluarga mereka dan menginvestasikannya dalam instrumen produktif. 

Namun demikian, ada tiga tantangan yang dihadapi perempuan saat ini, yaitu rendahnya indeks literasi keuangan, terbatasnya akses dan pengetahuan digitalisasi, serta rendahnya akses terhadap layanan keuangan yang tersedia. 

BACA JUGA:

Oleh karena itu, UOB Indonesia berharap dapat mendukung pemerintah, regulator, nasabah dan masyarakat luas untuk mendukung pemberdayaan perempuan untuk menjadi pilar masyarakat yang kuat. 

Melalui sesi ini, UOB Indonesia berharap dapat memberikan pemahaman yang diperlukan untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan serta referensi dalam membuat keputusan keuangan di masa depan. 

Dalam kegiatan literasi ini, turut hadir sebagai narasumber Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Aviliani dan Plt. Kepala Grup Komunikasi Publik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sekar Putih Djarot. 

Sekar menjelaskan, perempuan memiliki peran penting di keluarga terutama dalam membuat keputusan terkait keuangan dan mengatur keuangan keluarga. Apalagi perempuan memiliki kinerja yang lebih baik dalam kemampuan finansial dibandingkan laki-laki.

BACA JUGA:

Sekar menambahkan, perempuan memiliki kecenderungan menabung untuk keperluan yang mancakup kebutuhan dasar, dana darurat, sampai biaya pendidikan anak. Untuk itu, perempuan perlu memikirkan produk investasi yang tepat untuk mendukung rencana finansial yang dirancang.

"Perempuan yang baru mulai berinvestasi biasanya akan memilih instrumen reksadana. Adapun reksadana yang dipilih beragam mulai dari pendapatan tetap, campuran, sampai saham," ujar Sekar.

Sementara itu, Aviliani menyampaikan, sebelum berinvestasi perempuan harus tahu profil risiko yang dapat dihadapi. Selain itu, perempuan juga harus mempersiapkan dana darurat sebelum memulai investasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: