14.704 Bayi di Kota Tangerang Jadi Target Imunisasi Rotavirus, Apa Itu?

14.704 Bayi di Kota Tangerang Jadi Target Imunisasi Rotavirus, Apa Itu?

Salah Seorang Bayi yang Hendak Di imunisasi Rotavirus di Kota Tangerang --Rikhi Ferdian Untuk FIN

Imunisasi Rotavirus -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Kick Off Imunisasi Rotavirus serentak secara nasional.

Pelaksanaan mula imunisasi Rotavirus di Kota Tangerang itu digelar di Posyandu Nirwana, Kecamatan Karang Tengah, Selasa (15/8/23).

Imunisasi Rotavirus dilakukan untuk mencegah terjadinya diare yang sangat rentan terjadi di usia bayi berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan Nomor K.01.07/Menkes/1139/ 2022 tentang Pemberian Imunisasi Rotavirus.

Diketahui, imunisasi rotavirus di Kota Tangerang, pada dosis pertama adalah bayi usia dua bulan yang lahir mulai tanggal 16 Mei 2023.

Dengan ini, estimasi sasarannya di Kota Tangerang sebanyak 14.704 bayi di 13 kecamatan, dengan target pelaksanaan rampung selama satu bulan.

Oleh karenanya seluruh orang tua dapat mengantarkan anaknya untuk segera mendapat imunisasi rotavirus di 39 puskesmas dan seluruh posyandu yang ada di Kota Tangerang.

"Hari ini kita lakukan kick off serentak di 39 Puskesmas dengan total target sasaran 14.704 bayi," kata Kepala Dinkes, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni.

Dikatakan Dini, imunisasi jenis Rotavirus sangat penting dilakukan karena dapat mencegah terjadinya diare yang sangat rentan terjadi di usia bayi.

Ia pun menjelaskan, diare merupakan penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan di dunia maupun di Indonesia. Diare menjadi penyumbang kematian nomor dua terbesar setelah pneumonia pada bayi dan balita.

"Selain itu, pada diare yang berulang juga dapat menimbulkan masalah tumbuh kembang anak, yaitu masalah stunting," ujarnya.

Sehingga salah satu upaya yang perlu dilakukan, kata dr Dini adalah dengan tiga perlindungan imunisasi rotavirus.

Imunisasi RV diberikan secara oral dengan dosis 0,5 ml atau lima tetes sebanyak tiga dosis pada bayi usia 2 bulan, 3 bulan dan empat bulan.

Yakni dengan interval minimal empat mingguan antar dosis. Imunisasi rotavirus terakhir diberikan pada bayi usia enam bulan 29 hari.

“Semoga dengan ditambahkan imunisasi rotavirus ke dalam imunisasi rutin lengkap, semua bayi dan balita di Kota Tangerang, dapat terlindungi dari penyakit menular dan berbahaya," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: