Buntut Foto Tanpa Busana Lisensi Miss Universe Indonesia Dicabut

Buntut Foto Tanpa Busana Lisensi Miss Universe Indonesia Dicabut

Miss Universe Indonesia 2023--Instagram @poppycapella_

Lisensi Miss Universe Indonesia Dicabut - Kasus foto tanpa busana saat body checking peserta Miss Universe Indonesia 2023 berbuntut pencabutan lisensi.

Indonesia tak bisa lagi menggelar ajang kontes kecantikan Miss Universe usai Miss Universe Organization mencabut lisensi Miss Universe Indonesia.

Bahkan pihak Miss Universe Organization juga menghentikan kerja sama dengan Direktur Nasionalnya, Poppy Capella.

Pada Minggu, 13 Agustus 2023, Miss Universe Organization resmi menghentikan kerja sama antara pihaknya dengan PT Capella Swastika Karya. 

"Mengingat apa yang telah kami pelajari pada kejadian di Miss Universe Indonesia, menjadi jelas bahwa franchise ini tidak memenuhi standar merek, etika atau harapan kami sebagaimana diuraikan dalam buku panduan franchise dan waralaba kami," tulis Miss Universe Organization.

Kasus foto tanpa busana peserta Miss Universe Indonesia juga menjadi sorotan media asing.

BACA JUGA:

The Guardian pada Minggu, 13 Agustus 2023 menulis artikel "Miss Universe cuts ties with Indonesia pageant over sexual assault claims" atau "Miss Universe memutuskan hubungan kerjasama dengan Indonesia terkait kasus pelecehan seksual".

"Penyelenggara kontes Miss Universe memutuskan hubungan dengan waralaba di Indonesia usai peserta mengaku telah dilecehkan secara seksual menjelang upacara penobatan kompetisi di Jakarta," tulis The Guardian, dikutip Senin, 14 Agustus 2023.

Pihaknya melanjutkan bahwa enam kontestan dalam kontes Miss Universe Indonesia dilaporkan telah mengajukan pengaduan ke polisi. 

Para finalis ini menuduh bahwa penyelenggara meminta kontestan untuk membuka pakaian mereka untuk "memeriksa bekas luka dan selulit" dua hari sebelum upacara pada Juli 2023.

"Lima perempuan kemudian dilaporkan difoto topless di sebuah ballroom hotel. Organisasi Miss Universe yang berbasis di AS kini telah memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan pemegang waralaba Indonesia, perusahaan kecantikan PT Capella Swastika Karya, dan direktur nasionalnya, Poppy Capella. Itu juga akan membatalkan Miss Universe Malaysia tahun ini, karena lisensi itu juga dipegang oleh PT Capella Swastika Karya," lanjutnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: