Ini Alur Pembuatan SIM di Polres Metro Bekasi Kota Usai Lintasan Ujian Praktik Diubah Bentuk 'S'

Ini Alur Pembuatan SIM di Polres Metro Bekasi Kota Usai Lintasan Ujian Praktik Diubah Bentuk 'S'

Jalur baru ujian praktik SIM di Polres Metro Bekasi Kota -Tuahta Aldo-

Ujian Praktik SIM, Bekasi - Lintasan Ujian Praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) Sepeda Motor Bentuk "S" telah diterapkan di Polres Metro Bekasi Kota mulai hari ini, Senin (7/8). 

Pantauan langsung fin.co.id siang hari ini, lintasan ujian praktik SIM di Polres Metro Bekasi Kota sudah siap digunakan bagi masyarakat Kota Bekasi. 

"Sesuai dengan Perkab 05 ya, tahun 2021, ujian teori SIM kita dimulai dari pendaftaran online, setelah itu kemudian prosesnya harus melengkapi surat ujian lolos kesehatan maupun psikologi," ungkap Kasubnit 2 Regident Iptu Devi Sumardiono, Senin 7 Agustus 2023. 

Menurutnya, para peserta Pembuatan SIM C harus mengurus dokumen yang sudah lengkap ke loket pendaftaran yang ada di Polres Metro Bekasi Kota. 

"Dilengkapi dengan asurans, selanjutnya ke loket pendaftaran, didaftar ulang, diverifikasi, diambil foto dan sidik jari, setelah itu mengikuti ujian teori, kalo dinyatakan lulus baru mengikuti ujian praktik," jelasnya. 

Iptu Devi menjelaskan setelah semua prosedur telah lolos, para calon pembuatan SIM C akan turun ke lapangan melakukan ujian praktik. 

BACA JUGA :

"Melalui lintasan utama, pemberhentian disini distop, sebelum melewati garis blok area kuning yaitu Tellow Box Junction, yang tujuannya untuk mengurai kemacetan," ucapnya. 

Terdapat sepeda motor jenis manual dan matic, yang telah disediakan oleh Polres Metro Bekasi Kota untuk menjalankan ujian praktik pembuatan SIM. 

"Setelah itu U turn arah putar balik, kemudian setelah itu yang dari angka 8 sudah kita ubah menjadi Letter S kemudian selanjutnya berhenti pengereman untuk memilih dua jalur simpang, ke kiri dan ke kanan," terangnya. 

Sebelumnya, ramai keluhan dari masyarakat terkait sulitnya melewati ujian praktik SIM sepeda motor khususnya di lintasan praktik berbentuk angka 8. 

Adanya keluhan itu, lintasan praktik ujian SIM C kini dibuat lebih mudah dengan menghilangkan lintasan berbentuk 8 dan Zig-zag menjadi huruf S. 

Meskipun ujian praktik SIM saat ini ada perubahan, pihak kepolisian tetap akan mengutamakan materi terkait keselamatan dalam mengemudi sepeda motor.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: