Bonek Datang Persija Kena Denda Sanksi, The Jakmania Bayar dengan Uang Kas

Bonek Datang Persija Kena Denda Sanksi, The Jakmania Bayar dengan Uang Kas

The Jakmania Suporter Persija Jakarta-ist-net

The Jakmania - Kelompok suporter Persija Jakarta, The Jakmania patungan untuk membayar sanksi denda klub senilai Rp25 juta.

Panitia Pelaksana (Panpel) Persija dikenakan sanksi denda senilai Rp25 juta berdasarkan hasil sidang Komite Disiplin (Komdis) yang dilakukan pada Rabu 2 Agustus 2023.

Komdis menilai Panpel Persija gagal melakukan antisipasi kedatangan suporter Persebaya Surabaya pada Minggu 30 Juli 2023, saat laga Liga 1 pekan ke-5 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Mendengar sanksi denda itu, perwakilan The Jakmania Muhammad Aditya Putra datang ke kantor Persija di Rasuna Office Park pada Jumat 4 Agustus 2023.

Aditya yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum PP Jakmania menyampaikan permohonan maaf kepada klub dan mengantarkan uang senilai Rp25 juta sebagai bentuk rasa tanggung jawab.

"Kami Pengurus Pusat the Jakmania memohon maaf sebesar-besarnya kepada Persija karena tingkah laku anggota kami yang masih belum dapat mematuhi regulasi pada pertandingan Persija vs Persebaya kemarin sehingga Persija harus terkena sanksi," tulis surat pernyataan resmi Jakmania yang disampaikan oleh Aditya.

Kemudian dalam surat itu juga dijelaskan kalau uang yang digunakan itu merupakan uang kas dari organisasi The Jakmania.

Tak lupa dalam surat itu The Jakmania juga turut memohon maaf kepada Polda Metro Jaya karena ada komitmen yang telah dilanggar.

"Semoga kejadian kemarin tidak menghilangkan kepercayaan para stakeholder sepak bola Jakarta kepada the Jakmania dan Persija,” ungkap The Jakmnia di dalam surat tersebut.

“Sebelum pertandingan melawan Persebaya, kami sudah melakukan imbauan kepada teman-teman Bonek dan Bonita untuk tidak hadir di Jakarta sebagai bentuk kecintaan terhadap klub masing-masing. Sayangnya rasa ingin bertemu dan silaturahmi tidak bisa menahan itu. Kami sangat menyanyangkan hal tersebut yang berimbas kepada kerugian klub yang kita cintai,” tulis surat itu lagi.

Evaluasi dari pemangku kebijakan

Sementara itu manajemen Persija menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh The Jakmania. Momentum ini membuat kedua belah pihak semakin sadar untuk bisa saling bersinergi dengan menjaga nama baik klub.

“Kami apresiasi pemberian the Jakmania. Denda itu sebenarnya ditujukan ke Persija, tapi Jakmania merasa bertanggung jawab karena masuknya Bonek di pertandingan kemarin dengan fasilitas tiket ekonomi yang notabene sudah diserahkan kepada Jakmania,” kata Manajer Fans Engagement Persija, Ferry Indrasjarief.

Meski ada yang dilanggar tapi Ferry berusaha untuk melihat sisi positif dari kehadiran Bonek di SUGBK. Karena artinya suporter Persija dan Persebaya kini sudah bisa duduk berdampingan di stadion.

"Untuk para pemangku kebijakan kehadiran Bonek yang bisa berdampingan dengan Jakmania ini semoga bisa menjadi evaluasi. Semoga suporter bisa berdampingan seperti dulu," terang sosok yang biasa disapa Bung Ferry.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Vitalis Yogi T.

Tentang Penulis

Sumber: