Persaingan di Skuad Persija Jakarta Memanas, Siapa yang Bakal Terdepak?

Persaingan di Skuad Persija Jakarta Memanas, Siapa yang Bakal Terdepak?

Pemain Persija Jakarta, Rio Fahmi.-Persija Jakarta-Persija Jakarta

Persija Jakarta - Meski belum dimainkan, nama Oliver Bias sudah mulai masuk ke dalam daftar susunan pemain Persija Jakarta saat pekan kelima BRI Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 melawan Persebaya Surabaya.

Kini hanya tinggal menunggu waktu bagi pemain asal Filipina itu untuk bisa menjalani debut bersama Macan Kemayoran.

Kehadiran Bias tentu akan membuat Pelatih Persija Thomas Doll memiliki banyak opsi dalam menyusun formasi. Mengingat pemain barunya itu bisa ditempatkan sebagai bek sayap kanan, bek sayap kiri ataupun sayap kanan dan sayap kiri.

Tentu keberadaan Bias akan mengancam posisi pemain lainnya di skuad Persija. Meski demikian, Rio Fahmi tidak ambil pusing dengan keberadaan Bias. Memiliki posisi yang sama yakni bek sayap kanan, pemain muda terbaik musim lalu itu justru ingin belajar banyak dari Bias.

“Saya menganggap Bias bukan sebagai saingan. Saya tahu dia pernah main di RB Leipzig, jadi kedatangan dia ke tim ini bisa memberikan banyak pelajaran buat saya. Mungkin Bias pun bisa belajar juga sedikit dari saya,” ucap Rio dikutip dari laman Persija pada Rabu (2/8/2023).

Rio sendiri sebelumnya juga sempat berhadapan dengan Bias ketika dirinya membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia di ajang SEA Games 2021 Vietnam. Ketika itu Rio bersama skuad Garuda berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 4-0.

Pada laga yang berlangsung di Viet Tri Stadium, Vietnam itu Rio masuk di babak kedua, sementara Bias dimainkan Pelatih Filipina Norman Fegidero sejak babak pertama.

“Sejauh ini saya sudah dua kali melawan bias salah satunya di SEA Games Vietnam. Saat pertama kali dia latihan saya menyapa dia dan langsung bertanya ‘ingat tidak pertemuan terakhir di Timnas?’ dia langsung bilang ‘ingat’,” ujar Rio.

Pemain kelahiran Banjarnegara 21 tahun itu berharap bisa membantu Bias agar kerasan berkarier di Liga Indonesia sehingga dapat memberikan hasil yang positif untuk Macan Kemayoran.

“Mungkin saya bisa membantu Bias untuk adaptasi tentang budaya dan kultur sepak bola Indonesia. Saya harap kami berdua bisa bekerja sama dengan baik, bahu-membahu untuk kebaikan Persija,” terang Rio.

Karier dari Oliver Bias

Oliver Bias mengawali kariernya di Jerman dengan bergabung bersama tim junior bernama, FC Erzgebirge Aue Youth. Bertahan dua tahun, pemain kelahiran Johanngeorgenstadt itu kemudian bergabung dengan RB Leipzig.

Sayangnya Bias gagal menembus skuad senior dari RB Leipzig, pemain berusia 22 tahun itu hanya sempat bermain untuk kelompok umur U-17 dan U-19.

Tahun 2021, Bias akhirnya memilih melanjutkan karier ke Liga Filipina dengan bergabung bersama Azkals Development Team (ADT). Sekaligus menandai dirinya menjadi warga negara Filipina.

Berselang satu tahun, Bias mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kariernya ke Liga Thailand. Pesepak bola dengan tinggi 164 sentimeter itu bergabung dengan Chiangmai United.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Vitalis Yogi T.

Tentang Penulis

Sumber: