Guna Tangani Kekeringan Akibat El Nino, Truk Damkar Bekasi Diturunkan Guna Distribusi Air Bersih

Guna Tangani Kekeringan Akibat El Nino, Truk Damkar Bekasi Diturunkan Guna Distribusi Air Bersih

Truk Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi -Dokumen Istimewa-

Kekeringan, Bekasi - Hadapi kekeringan di Kabupaten Bekasi akibat El Nino, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) siapkan kendaraan guna suplai ketersediaan air bersih. 

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bekasi, Hasan Basri mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemetaan wilayah yang kerap mengalami kesulitan air bersih. 

Nantinya, truk Damkar akan digunakan oleh petugas untuk membantu menyalurkan air bersih secara gratis kepada masyarakat. 

"Caranya adalah dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran yang biasa digunakan untuk melakukan kegiatan pemadaman api, beralih fungsi sebagai mobil suplai air bersih," kata Hasan Basri, Kamis 3 Agustus 3023. 

Menurutnya ribuan liter air dapat disalurkan menggunakan truk damkar tersebut, sehingga pengiriman berjalan lebih cepat. 

"Karena dengan mobil itu dalam satu hari, kita bisa menyuplai air bersih mencapai ribuan liter," ungkapnya. 

BACA JUGA :

Nantinya, air bersih yang dibawa menggunakan truk Damkar akan diisi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) melalui PDAM Tirta Bhagasasi. 

"Memang ada perjanjian dengan PDAM untuk pengisiannya, untuk distribusinya selama itu diminta kita siap menyuplai," jelasnya.

Apabila terdapat wilayah yang kekeringan dan butuh air bersih, warga dapat melapor kepada Kecamatan untuk dikirim bantuan oleh Damkar Kabupaten Bekasi.

"Jadi untuk distribusi kita bergerak berdasarkan permintaan, karena untuk menggerakkan mobil Damkar yang membawa air bersih ini juga kita berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan termasuk titik lokasi distribusinya," ucapnya. 

Usai menerima laporan, Dinas Damkar segera bergerak mengisi air bersih ke PDAM Tirta Bhagasasi untuk mensuplai ketersediaan air ke daerah kekeringan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: