3 Desa di Kabupaten Bekasi yang Kekeringan Akibat Fenomena El Nino Mendapat Distribusi Bantuan Air Bersih

3 Desa di Kabupaten Bekasi yang Kekeringan Akibat Fenomena El Nino Mendapat Distribusi Bantuan Air Bersih

Pendistribusian bantuan air bersih di Kabupaten Bekasi -Dokumen Istimewa-

Kekeringan, Bekasi - Kekeringan imbas Fenomena El Nino, membuat beberapa wilayah di Kabupaten Bekasi mengalami kekeringan dan sulit mendapat air bersih. 

Salah satu wilayah yang mengalami kekeringan berada di Kecamatan Bojongmangu, yang dimana seluruh sumur milik warga sangat kering. 

Plt Camat Bojongmangu, Sapto Noviantoro yang diwakilkan Kasi Trantib Agus Salim mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mengirimkan bantuan air bersih. 

Sebanyak 3 desa yang kekeringan di wilayah Kecamatan Bojongmangu telah didistribusikan air bersih menggunakan truk tangki. 

“kami sudah mendistribusikan air bersih untuk warga di Desa Karang Mulya, Karang Indah, dan Medal Krisna, akibat kemarau yang melanda beberapa bulan ini, sehingga sumur warga mengalami kekeringan,” ungkap Agus Salim, Kamis 3 Agustus 2023. 

Tidak hanya didistribusikan langsung ke masing-masing warga, pihaknya juga mengisi air bersih di bangunan fasilitas umum di pemukiman masyarakat. 

BACA JUGA :

“Ya kami juga mengisi ketersediaan air bersih di tempat-tempat ibadah, seperti mushola dan masjid,” jelasnya. 

Agus Salim menjelaskan, warga di Kecamatan Bojongmangu selama ini bergantung pada air bersih yang ada di sumur. 

“Kami apresiasi BPBD Kabupaten Bekasi dan juga masyarakat yang ikut bergotong-royong membantu warga yang mengalami kekeringan,” ucapnya. 

Untuk jangka menengah, ia meminta pemerintah desa diminta untuk membangun penampungan air guna pendistribusian air bersih. 

"Ya, untuk jangka panjangnya, kami harap pemerintah Kabupaten Bekasi bisa membangun instalasi air ke rumah-umah warga sehingga air dari PDAM dapat disalurkan langsung ke rumah warga yang saat ini mengalami krisis air bersih," terangnya. 

Untuk pendistribusian bantuan air saat ini, pihaknya memfokuskan ke kampung-kampung yang tidak terjangkau oleh saluran air PDAM.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: