IMEI Ilegal iPhone Mau Diblokir, Buruan Cek HP Kamu Terdaftar Atau Tidak

IMEI Ilegal iPhone Mau Diblokir, Buruan Cek HP Kamu Terdaftar Atau Tidak

Cek IMEI iPhone--PanduanMAC

Imei Ilegal iPhone - Bareskrim Polri bakal memblokir nomor IMEI dari 191.995 handphone (HP) yang beredar di Indonesia. Termasuk IMEI ilegal iPhone yang tidak terdaftar dalam situs Kemenperin dan Bea Cukai. 

Dari sekitar 190.000 HP tersebut, mayoritasnya berasal dari series iPhone, yaitu 176.874 unit. Buntut dari kasus ini, hendaknya pengguna perlu memastikan status legalitas iPhone sebelum membelinya. 

Modus IMEI ilegal iPhone itu terjadi sejak 10-20 Oktober 2023. Hal ini dikatakan Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar dalam jumpa pers di gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2023).

Cara Lihat IMEI Ilegal iPhone 

Mengecek IMEI iPhone sudah terdaftar atau tidak merupakan suatu keharusan. Apalagi jika kamu baru membeli HP dari toko yang tidak resmi. 

Karena apabila IMEI iPhone ilegal, maka ponsel tersebut tidak bisa digunakan alias diblokir. Akibatnya, HP yang IMEI-nya tidak terdaftar itu tidak bisa dipakai untuk telekomunikasi.

1. Cek imei ilegal iPhone di website 

IMEI atau singkatan dari International Mobile Equipment Identity sendiri adalah nomor identitas sebuah iPhone. Terdiri dari 15 digit angka, setiap iPhone memiliki IMEI yang berbeda. Begitu pula dengan HP milikmu.

BACA JUGA:

Adapun cara mudah untuk mengecek IMEI iPhone ilegal atau tidak. Cara ini bisa dilakukan di situs Kementerian Perindustrian. Pengecekan dilakukan melalui situs https://imei.kemenperin.go.id/.

1. Kunjungi situ resmi Kemenperin.

2. Masukan nomor IMEI yang sudah kamu cek terlebih dahulu.

3. Terakhir klik “Enter”

2. Cek IMEI ilegal iPhone di perangkat ponsel

Alternatif lain cek IMEI iPhone yang paling mudah dan banyak digunakan yakni melalui menu settings. Untuk caranya, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka menu Settings. 

2. Pilih menu General. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Anisa Suci

Tentang Penulis

Sumber: