Bentrok Pecah Kelompok Muslim dan Hindu India, 3 Orang Tewas

Bentrok Pecah Kelompok Muslim dan Hindu India, 3 Orang Tewas

Polisi melakukan pangamanan saat terjadi bentrok antar etnis di India--Getty Image/Bbc

Bentrok terjadi di India antara dua kelompok Muslim dan Hindu di distrik Nuh, pada 31 Juli 2023.

Tiga orang dilaporkan meninggal dan sejumlah lainnya luka-luka dalam tragedi tersebut dan dirawat di Rumah Sakit Medanta. 

Distrik Nuh merupakan wilayah dengan penduduk mayoritas Muslim. Kericuhan ini mengakibatkan sejumlah mobil dibakar dan bebatuan dilemparkan ke arah polisi.

Sebanyak 10 anggota polisi dilaporkan terluka akibat lemparan batu.

"Semua yang terluka dirawat di Rumah Sakit Medanta. Dengan satu kematian lagi di Nuh jumlah korban meningkat menjadi tiga," tulis laporan itu, dikutip fin dari cbsnews pada Selasa 1 Agustus 2023.

Pemerintah negara bagian mengerahkan pasukan tambahan untuk mengendalikan keadaan, menurut laporan Press Trust India.

BACA JUGA:

Polisi menggunakan gas air mata dan melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan kerumunan. 

Selain itu jaringan internet juga dicabut di wilayah itu dan perintah yang melarang pertemuan besar dikeluarkan.

"Kejadian hari ini sangat disayangkan, Saya meminta semua orang menjaga perdamaian di kota ini. Pihak yang bersalah tidak akan selamat, tindakan tegas akan dijatuhkan kepada mereka," cuit Kepala Pemerintahan Haryanan Lal Khattar di X, platform yang sebelumnya disebut Twiiter.

Berbagai sumber menyebutkan bentrokan dipicu setelah Monu Manesar, seorang penggembala sapi yang dicari akibat sejumlah kasus pidana termasuk pembunuhan dua orang pria Muslim pada Februari di Rajasthan.

BACA JUGA:

"Prioritas utama kami adalah mengendalikan situasi. Kami meminta semua pihak menjaga perdamaian. Kami juga berusaha mengirimkan pasukan dengan helikopter," kata Menteri Dalam Negeri Anil Vij.

Pemerintah Kabupaten Nuh mengagendakan pembicaraan damai dengan kedua komunitas agama tersebut. Pertemuan rencananya akan diadakan pada 1 Agustus pukul 11 ​​pagi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: