Keutamaan Doa Nabi Yunus, Lengkap dengan Bacaan dan Artinya

Keutamaan Doa Nabi Yunus, Lengkap dengan Bacaan dan Artinya

Ilustrasi berdoa dalam Islam.--Sumber foto: Pixabay

Membaca doa Nabi Yunus bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama saat manusia sedang tertimpa masalah atau musibah.

Doa Nabi Yunus AS merupakan bentuk ikhtiar kepada Allah SWT untuk memohon pertolongan. Dengan memanjatkan doa, maka segala permintaan akan dikabulkan. 

Salah satu doa yang mustajab ialah doa Nabi Yunus AS. Nabi Yunus mengucapkan doa ini saat ia ditelan ikan paus dan terkurung dalam perut ikan tersebut.

Ia menyadari bahwa tidak ada pertolongan lain selain pertolongan dari Allah SWT. Maka, dalam situasi yang mencekam, Nabi Yunus memanjatkan doa yang berbunyi:

Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin

Artinya: “Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

Baca Juga:

Berkat ketakwaannya itu, doa Nabi Yunus dikabulkan oleh Allah SWT setelah 40 hari. Nabi Yunus berhasil keluar dari perut ikan paus dan selamat dari maut. 

Keutamaan doa Nabi Yunus 

Adapun keutamaan doa Nabi Yunus yang bisa dirasakan jika dibaca rutin setiap hari. Mulai dari mengabulkan keinginan kita sampai menghapus semus dosa.

1. Keinginan akan Dikabulkan Allah SWT

Bacalah doa Nabi Yunus setiap habis shalat fadhu agar keinginan kita dikabulkan Allah SWT. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis riwayat At-Tirmidzi.

"Doa Dzun Nuun (nabi Yunus a.s.) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus: '

Baca Juga:

Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin'.

Artinya: "Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya."

2. Mendapat kekuatan saat tertimpa musibah

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Anisa Suci

Tentang Penulis

Sumber: