Kota Tangerang Punya 412 Kampung Proklim, 75 Bank Sampah dan 144 KWT di 13 Kecamatan

Kota Tangerang Punya 412 Kampung Proklim, 75 Bank Sampah dan 144 KWT di 13 Kecamatan

Momen ketika Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah marah kepada pemborong dan pejabat Pemkot Tangerang-Rikhi Ferdian-fin.co.id

Kampung Proklim Kota Tangerang - Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengatakan untuk mengatasi dampak perubahan iklim maka dilakukan program Kampung Proklim yang sudah terbentuk di 412 lokasi.

Dia menjelaskan Kampung Proklim yang di dalamnya telah menerapkan program pengelolaan sampah, pemanfaatan lahan dengan membentuk KWT.

Kemudian edukasi pengelolaan sampah Reduce, Reuse, Recycle (3R) yang juga turut dilengkapi dengan terbentuknya bank sampah.

"Untuk bank sampah terbentuk sebanyak 75 unit, dengan jumlah KWT sebanyak 144 kelompok di 13 kecamatan," kata Arief.

Hal tersebut disampaikan saat menjadi salah satu narasumber dalam acara Webinar Nasional Mitigasi Perubahan Iklim Dalam Mewujudkan Resiliensi Kesehatan Masyarakat di Era Indonesia Emas 2045 yang diselenggarakan oleh Universitas MH Thamrin, Sabtu 29 Juli 2023.

Selain itu, ia menjabarkan sejumlah upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim.

BACA JUGA:

Mulai dari pemberian jaminan kesehatan bagi warga, pelayanan kesehatan hingga upaya peningkatan kualitas lingkungan tempat tinggal.

"Untuk kesehatan, di-cover dengan program Jaminan Pengobatan Kesehatan Gratis (Jabat Sehat), Cageur Jasa yang memberikan pelayanan kesehatan ke rumah," ujarnya

Program Kampung Proklim juga menjadi perhatian, di mana masyarakat secara bahu-membahu memperbaiki lingkungan tempat tinggalnya dengan penghijauan dan pengurangan sampah dari sumber.

Sebagai informasi, selain Arief R Wismansyah, dalam webinar tersebut juga turut menghadirkan sejumlah narasumber lain yang berasal dari akademisi dan juga perwakilan Kementerian Kesehatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: