5 Pintu Bendungan Pintu Air 10 Kota Tangerang Bocor, Warga Diminta Jangan Panik

5 Pintu Bendungan Pintu Air 10 Kota Tangerang Bocor, Warga Diminta Jangan Panik

Bendungan Pintu Air 10 Kota Tangerang--

Bendungan Pintu Air 10 Kota Tangerang - Sebanyak lima pintu Bendungan Pintu Air 10 di Kota Tangerang saat ini sedang mengalami kerusakan sehingga pasokan air  tidak optimal. 

Selain itu, mulai masuknya musim kemarau menjadi salah satu penyebab pasokan air sedikit mengalami gangguan. 

Perumda Tirta Benteng gerak cepat melakukan berbagai antisipasi agar air bersih pada pelanggan masih dapat tersalurkan. 

Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Doddy Effendy menjelaskan, pihaknya bersama Dewan Pengawas Yeti Rohaeti, dan Direktur Teknik Perumda Tirta Benteng Joko Surana serta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, melihat penanganan kebocoran yang ada pada Pintu Air 10. 

Penanganan sedang dilakukan dan selain ada kebocoran ini, pasokan air baku dari hulu juga memang berkurang karena sudah mulai masuk ke musim kemarau. 

"Biasanya, air baku di hulu mencapai 2,5 hingga 3 meter, informasi saat ini hanya mencapai 1,2 meter saja," jelas Doddy Effendy, Sabtu 22 Juli 2023. 

BACA JUGA:

Ia melanjutkan, Perumda Tirta Benteng sudah menyiapkan antisipasi agar pasokan air pada pelanggan tidak berkurang. 

Upaya yang dilakukan di antaranya adalah pengerukan sedimentasi. 

"Selain itu, kami juga akan melakukan penyedotan air dengan mesin untuk menambah produksi air baku jadi tidak hanya mengandalkan pada intake saja. Secepatnya, kami juga akan melakukan konsolidasi bersama dengan BBWS dan pengguna air lainnya untuk perawatan jangka panjang," lanjutnya. 

Doddy mengimbau, agar masyarakat tidak panik karena Perumda Tirta Benteng akan terus berupaya agar pasokan air tercukupi. 

Untuk sementara, masyarakat diharapkan dapat menghemat penggunaan air dan juga memiliki stok air yang cukup selama proses penanganan kebocoran Bendungan Pintu Air 10 berlangsung. 

"Kami dari Perumda Tirta Benteng pasti terus berupaya bagaimana pasokan air pada pelanggan tidak berkurang atau bahkan berhenti. Jadi, masyarakat Kota Tangerang tidak perlu panik. Untuk saat ini, kami mengimbau sementara menghemat penggunaan air dan juga menampung atau stok air selama penanganan kebocoran di Pintu Air 10 berlangsung," imbaunya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: