Viral, Gempa Saat Misa di Gereja Yogyakarta, Jamaah Panik Hingga Ucap Allahu Akbar Berulang Kali

Viral, Gempa Saat Misa di Gereja Yogyakarta, Jamaah Panik Hingga Ucap Allahu Akbar Berulang Kali

Gempa saat misa Gereja--Viral

Sebuah video viral di media sosial jamaah misa di sebuah gereja di Yogyakarta ucapkan takbir Allahu Akbar ketika terjadi gempa pada Minggu 23 Juli 2023.

Dalam video itu, gempa terjadi ketika seorang pastor atau pendeta sedang berdoa di depan jamaah. 

Ketika pembacaan doa oleh sang pendeta sampai pada kata: Nama Tuhan kita Yesus Kristus di sepanjang masa... " Seketika itu terjadi gempa. 

Terdengar seorang jamaah mengucapkan Allahu Akbar secara berulang-ulang saat getaran gempa terjadi. 

Kejadian itu diduga direkam saat misa di Gereja Katolik Kristus Raja Baciro di Yogyakarta pada ibadah Minggu malam 23 Juli 2023.

BACA JUGA:

"Detik-detik terjadinya gempa pada saat misa minggu, 23 Juli 2023. Gereja Katolik Kristus Raja Baciro, Yogyakarta #gempabumi #fyp," tulis akun TikTok yang mengunggahnya. 

Video tersebut telah ditonton jutaan kali di TikTok. 

Dari beberapa sumber yang dihimpuan, Pastor Paroki Gereja Kristus Raja Baciro, Romo Franciscus Xaverius Alip Suwito, Pr mengatakan, misa itu diikuti oleh beberapa jamaah yang hendak dibaptis menjadi Katolik. Istilahnya masih magang. 

Pendeta mengatakan, jamaah diduga karena latah dan panik, hingga spontan mengucapkan takbir saat gempa. 

Sebelumnya, gempa tersebut berpusat di barat daya Pacitan, Jawa Timur (Jatim), dengan kekuatan magnitudo (M) 5,7 pada Minggu malam. Gempa itu ikut dirasaka warga di Yogyakarta.

BACA JUGA:

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun resminya menyebutkan gempa berkekuatan Magnitudo (M) 5,7 mengguncang wilayah pesisir selatan di Provinsi Jawa Timur pada pukul 19.33 WIB.

Pusat gempa diperkirakan berada pada 8.94 lintang selatan,111.04 bujur timur atau 84 kilometer Barat Daya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: