Terlanjur Klik File APK di WhatsApp dari Penipu, Begini Cara Cepat Amankan Saldo Rekening

Terlanjur Klik File APK di WhatsApp dari Penipu, Begini Cara Cepat Amankan Saldo Rekening

Penipuan dengan Modus Undangan Pernikahan--

Moduk penipuan berupa file APK yang dikirim melalui WhatsApp saat ini banyak dibicarakan. Bahkan ada korban yang kehilangan uang Rp4 miliar setelah mengklik file APK di WhatsApp yang dikirim oleh nomor tak dikenal. 

Modus para penipu dengan mengirim file APK ke targer korban beragam. Ada yang dengan modus undangan pernikahan, ada yang yang dengan modusl foto blur, ada pula dengan modus surat tileng elektronik. 

Semua modus itu dikirim dalam bentuk file APK ke target. Ketika korban tidak jelih, dan mengklik file APK itu, maka saldo rekening bisa terkuras habis. 

File APK singkata dari Android Package Kit. Ini adalah format file yang digunakan oleh sistem operasi Android untuk menginstal dan mendistribusikan aplikasi dan komponen yang ada di dalamnya.

File APK selain dibuat untuk aplikasi modifikasi, file APK juga dibuat untuk phising atau penipuan untuk mencuri data-data pribadi korban di perangkat Android. 

BACA JUGA:

File APK yang dikirim penipu untuk mengambil alih Ponsel korban dari jarak jauh. Termauk mencuri kode OTP yang masuk melalui pesan singkat atau SMS. 

Lantas bagaimana cara jika terlanjut klik File APK yang dikirim Penipu? 

File APK yang dikirim penipu tidak bisa bekerja apabila tidak ada koneksi internet.

Untuk itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah menon-aktifkan koneksi internet. Baik itu WiFi atau paket data. Dalam kasus ini, korban hanya punya waktu 3 menit. 

Menonaktif akses internet harus dilakukan secepatnya sebelum file APK itu bekerja dan mengambil data-data korban termasum kode OTP. 

BACA JUGA:

Kedua, hapus File APK yang terlanjut didownload tadi.

Ketiga, buka pengaturan ponsel dan reset ke pengaturan pabrik. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: