Panglima TNI Laksamana Yudo Margono: TNI Tak Ikut Negoisasi dengan KKB Papua Egianus Kogoya

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono: TNI Tak Ikut Negoisasi dengan KKB Papua Egianus Kogoya

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono-ist-

KKB Papua Egianus Kogoya - Pihak TNi tidak ambil bagian dalam upaya negoisasi dengan pihak kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Penegasan tersebut disampaikan langsung oleh  Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono terkait upaya pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens.

Dikatakan Panglima TNI, negoisasi hanya dilakukan oleh penjabat Bupati Nduga dengan kelompok Egianus Kogoya.

"Ya enggaklah (TNI tidak ikut proses negosiasi). Kita (TNI) selalu menyampaikan untuk dahulukan pemerintah daerah, tokoh agama dan tokoh masyarakat," katanya saat menghadiri acara Pembekalan Calon Perwira Remaja TNI/Polri 2023, Jumat, 21 juli 2023.

Laksamana Yudo mengungkapkan proses negosiasi akan terus dikedepankan dan tanpa batas waktu. TNI tidak akan melakukan penyerangan terhadap kelompok Kogoya karena tidak ingin jatuh korban jiwa dari kalangan masyarakat sipil.

"Negosiasi tidak ada batasnya (batas waktu). Ya kita tunggu saja hasilnya. Ya mudah-mudahan efektif, kan masih saudara kan?" ujar Panglima.

BACA JUGA:

Yudo menyampaikan bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya, sandera saat ini dalam kondisi sehat. Penjabat bupati Nduga akan memimpin proses negosiasi dan dipersilakan untuk melibatkan tokoh agama maupun tokoh adat.

"Hasilnya nanti beliau sampaikan, nanti baru akan dievaluasi," ujarnya.

Laksamana Yudo Margono menambahkan selama proses negosiasi berlangsung, TNI bersama Polri akan terus menjaga situasi kondusif pada semua kabupaten dan distrik di Papua.

Tak Ada Operasi Militer Atasi KKB Egianus Kogoya

Sementara Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan juga menegaskan tidak ada operasi militer di wilayah Kodam XVII Cenderawasih.

"Tidak ada operasi militer di wilayah Kodam XVII Cenderawasih termasuk dalam upaya membebaskan sandera yang masih ditawan kelompok kriminal bersenjata(KKB)  pimpinan Egianus Kogoya, " tegas, Jumat, 21 Juli 2023.

BACA JUGA:

Dijelaskan, pasukan yang datang itu bertugas di bawah kendali operasi (BKO) Kodam XVII Cenderawasih yang tergabung dalam satuan tugas kewilayahan baik itu di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) maupun daerah rawan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: