113 Penderita Katarak di Kabupaten Tangerang Ikuti Operasi Gratis

113 Penderita Katarak di Kabupaten Tangerang Ikuti Operasi Gratis

Peserta Operasi Katarak Gratis di RSUD Balaraja. --Rikhi Ferdian Untuk FIN

Operasi Katarak Gratis -- Sekitar 113 penderita katarak mengikuti operasi katarak gratis yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang di RSUD Balaraja, Minggu 16 Juli 2023.

Operasi katarak gratis digelar dalam rangka memperingati Hari Bakti Adhiyaksa ke-63.

"Ini merupakan kegiatan yang ketiga yang digelar bersama Persatuan Jaksa mulai dari 2019, 2022 dan 2023," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Ada sekitar 113 peserta yang mengikuti operasi katarak gratis. Selain menjalani operasi gratis mereka juga mendapatkan bantuan bahan pangan yang diberikan seusai menjalani operasi.

“Kami berharap dengan adanya operasi mata katarak gratis ini dan bantuan bahan pangan ini bisa membantu masyarakat untuk dapat sembuh dan pulih kembali," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Reda Manthovani menyampaikan, kegiatan operasi mata katarak gratis ini bertujuan untuk pengentasan penyakit katarak yang ada di Indonesia.

Menurutnya langkah tersebut sejalan dengan arahan yang disampaikan Kepala Kejaksaan Agung RI, Sanitiar Burhanuddin, dimana Jaksa harus memiliki sisi humanis kepada masyarakat di samping melakukan penegakan hukum.

"Kami gelar bukan hanya di Kabupaten Tangerang saja, kami juga menggelar kegiatan serupa di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat dengan jumlah peserta yang kurang lebih sama," ungkapnya.

Salah satu peserta operasi katarak gratis bernama Saja (60 tahun) dari Cikupa Kabupaten Tangeran mengaku senang karena merasa terbantu atas tindakan yang bebas dari biaya.

Dia berharap kegiatan operasi katarak gratis tersebut bisa diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya sehingga akan lebih banyak lagi masyarakat penderita katarak disembuhkan.

"Allhamdulillah saya sangat terbantu karena bebas biaya, mudah-mudahan mata saya dapat kembali normal, bisa membaca dengan baik," tukasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: