Warga Kota Tangerang Yang Ingin Terhindar Dari Obesitas Wajib Baca Ini!

Warga Kota Tangerang Yang Ingin Terhindar Dari Obesitas Wajib Baca Ini!

Ilustrasi - Tips Diet Penderita Obesitas--(SHVETS production - Pexels)

Kasus Obesitas Tangerang -- Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah mengeluarkan data bahwa pada Mei 2023, ada 20 ribu warga Kota Tangerang mengalami kondisi obesitas.

Ini merupakan hasil skrining dengan sasaran diatas 15 tahun, dan ditemukan juga hasil terkonfirmasi obesitas didominasi oleh usia 20 hingga 50 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengungkapkan, setiap orang, perempuan maupun laki-laki pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal.

Tak hanya bentuk fisik yang bagus, tapi juga kesehatan yang prima.

"Oleh karena itu, masyarakat Kota Tangerang harus paham dan menerapkan pola hidup CERDIK," kata Dini, Kamis 13 Juli 2023.

Dia menjelaskan, CERDIK merupakan kepanjangan dari kata Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola stress.

Perilaku cerdik adalah perilaku yang perlu dibudayakan dan diterapkan oleh setiap orang, seluruh anggota keluarga dan masyarakat.

"Agar mencegah dari penyakit tidak menular, salah satunya adalah obesitas," ujarnya.

Kata dr Dini, dengan mengecek kesehatan secara berkala, masyarakat dapat mengetahui sejak dini jika terkena penyakit, sehingga pencegahan dan pengobatan dapat dilakukan lebih cepat.

Terkait rokok, setidaknya kurangi tingkat konsumsinya jika belum bisa berhenti total.

Selain itu, rajin olahraga juga dianjurkan setiap hari selama kurang lebih 30 menit, seperti jalan sehari seribu Langkah atau jika di kantor lebih baik naik tangga dari pada lift.

"Sedangkan untuk diet seimbang, makanan yang dimakan salah satunya harus mengurangi 5G," ucapnya.

"Yakni, gula, gorengan, gurih, gajih dan garam. Selanjutnya, istirahat yang cukup memiliki kualitas tidur yang baik tujuh jam sehari," sambungnya.

Tak kalah penting, yaitu kelola stress, pasalnya stress dapat meningkatkan risiko penyakit, lakukan traveling atau bermain alat musik jika sudah penat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: