Tebet Eco Park Besutan Anies Baswedan Raih Penghargaan Bergengsi Dunia

Tebet Eco Park Besutan Anies Baswedan Raih Penghargaan Bergengsi Dunia

Taman Tebet Eco Park--@tebetecopark /instagram

Tebet Eco Park kembali meraih penghargaan bergensi dunia dari Singapura. Penghargaan itu yakni President Design Award Singapore. 

Tebet Eco Park yang direvitalisasi pada era kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan itu memenangkan Design of The Year 2023.

Penghargaan itu disampaikan langsung oleh Presiden Singapura Halimah Yacob kepada Anton Siura.

“Baru saja diumumkan: Selamat kepada Tebet Eco Park, Design of The Year di Presidents Design Award 2023!” tulis Instagram DesignSingapore Council pada Rabu 12 Juli 2023.

Sebelumnya, Tebet Eco Park juga memenangi Semec Gold Award dan Singapore Landscape Architecture Awards (SILA) pada 12 Desember 2022 lalu.

Perancang Tebet Eco Park Anton Siura mengatakan, Eco Park didesain dengan mengusung tiga konsep utama dalam pengembangannya, yaitu fungsi ekologi, ruang sosial, edukasi serta rekreasi.

BACA JUGA:

“Ketika taman ini dibuka pada April 2022 kami menerima banyak sekali respons positif dari banyak komunitas dan pemerhati desain, dan ini membuka mata pemerintah apa yang dibutuhkan masyarakat terkait bagaimana taman yang baik untuk semua khususnya di Jakarta,” kata dia.

"Apalagi setelah setahun kami kunjungi kembali dan kami melihat taman ini berkembang dengan amat luar biasa baik itu dari sisi ekologinya maupun kemampuannya untuk menjadi ruang ketiga yang setara bagi semua,” imbuhnya.

Tebet Eco Park (TEP) merupakan taman kota yang didedikasikan untuk masyarakat dan lingkungan. Taman ini terletak di Tebet, Jakarta Selatan dengan area seluas 7,3 hektare. TEP kini hadir sebagai ruang terbuka hijau yang telah direvitalisasi. 

BACA JUGA:

Dua kawasan taman yang awalnya terpisah dan berseberangan – Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan, menjadi satu taman terpadu yang mengusung konsep harmonisasi antara fungsi ekologi, sosial, edukasi dan rekreasi.

Tebet Eco Park dibuat pada tangga 28 Juli 2010. Kemudian di era Anies Baswedan, taman ini direvitalisasi dan kemudian diresmikan pada 23 April 2022. 

Pada saat awal diresmikan, pengunjung Tebet Eco Park pada puncaknya sempat melebihi 150 ribu pengunjung dalam seminggu, lebih tinggi dari pengunjung Taman Impian Jaya Ancol. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: