Ini Alasan dan Kronologi Rumah DP 0 Rupiah Jadi Indekos Rp1 Juta per Bulan

Ini Alasan dan Kronologi Rumah DP 0 Rupiah Jadi Indekos Rp1 Juta per Bulan

Hunian DP 0 Rupiah di Jakarta. (jpnn)--

Rumah DP 0 Rupiah Jadi Indekos - Pemprov DKI Jakarta menjelaskan kronologi kasus warga yang menyewakan satu unit rumah dp Rp0 (DP Nol Rupiah) miliknya menjadi indekos.

Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta Retno Sulistiyaningrum mengatakan awalnya pasangan suami istri ini membeli satu unit hunian DP Nol Rupiah tipe studio di Apartemen Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Karena permasalahan ekonomi, keluarga tersebut kesulitan membayar cicilan hunian tersebut.

"Anaknya dua untuk tinggal di sana tidak mungkin lagi akhirnya dia kesulitan untuk membayar," kata Retno dalam rapat bersama komisi D DPRD DKI, Selasa 11 Juli 2023.

Karena hal tersebut, dia pun berinisiatif menyewakan unit hunian atau rumah DP 0 rupiah itu menjadi rumah indekos pada Juni 2023. 

Dia sempat mengiklankan hunian tersebut melalui media sosial.

BACA JUGA:

"Jadi mereka mengaku, tapi belum sampai dikontrakkan kan, baru dipasarkan," terang Retno.

Retno melanjutkan sudah melakukan pemanggilan terhadap keluarga tersebut guna mengantisipasi agar peristiwa serupa tidak terulang lagi, Retno memastikan akan memperketat pengawasan rumah DP Nol Rupiah.

"Kami akan tingkatkan peninjauan hunian DP Nol Rupiah di lapangan," kata dia.

Beredar di media sosial video rekomendasi sewa apartemen murah di Jakarta Timur seharga Rp1 juta per bulan tanpa biaya Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) di sebuah bangunan bertingkat di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Video ini sempat diunggah di reels Instagram namun kini unggahan telah dihapus.

Dalam video tersebut terlihat sekilas di pintu masuk ada sebuah stiker bertuliskan "Program DP Nol Rupiah Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta".

Video tersebut juga menunjukkan fasilitas lengkap yang disediakan seperti kamar mandi, dapur lengkap dengan kompor tanam dan sebuah kamar tidur berpendingin ruangan (AC) serta pemandangan kota Jakarta bisa terlihat dari balkon.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: