5 Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Jembatan Panjang Kabupaten Malang

5 Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Jembatan Panjang Kabupaten Malang

Lokasi hilangnya lima orang wisatawan di Pantai Jembatan Panjang, yang terletak di Desa Sumber Bening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (8/7/2023).--

5 Wisatawan Terseret Ombak - Sebanyak lima orang wisatawan dilaporkan terseret ombak di Pantai Jembatan Panjang, yang terletak di Desa Sumber Bening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (8/7).

Kapolsek Bantur Polres Malang AKP Slamet Subagyo mengatakan, bahwa dari total lima wisatawan yang terseret ombak tersebut, dua di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA).

"Peristiwa itu terjadi kurang lebih pada pukul 08.00 WIB, terjadi laka laut dimana korban terseret ombak di Pantai Jembatan Panjang," kata Slamet.

Lima korban terseret ombak di Pantai Jembatan Panjang tersebut adalah berinisial A dan J berusia 24 tahun yang merupakan WNA. Sementara tiga lainnya berinisial M, B dan P yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Slamet menjelaskan, peristiwa tersebut bermula pada saat adanya rombongan mahasiswa dari salah satu universitas negeri di Kota Malang, Jawa Timur mengadakan wisata dengan total peserta sebanyak 29 orang yang terdiri dari 17 WNA dan 12 WNI.

Rombongan tersebut, lanjutnya, berangkat dari wilayah Kota Malang, pada Jumat (7/7) dan tiba di Panti Jembatan Panjang kurang lebih pukul 17.30 WIB. 

BACA JUGA:

Di Pantai Jembatan Panjang tersebut, rombongan bermalam menggunakan tenda yang telah disiapkan.

Kemudian, pada keesokan harinya atau Sabtu (8/7), sejumlah wisatawan dalam rombongan tersebut berenang di Pantai Jembatan Panjang. 

Namun, pada saat wisatawan tersebut berenang, dua WNA tersebut tidak bisa menepi dan tersangkut di tengah pulau.

"Kemudian, tiga orang lainnya yakni M, B dan P berniat untuk membantu dua WNA itu. Namun, pada saat yang bersamaan datang ombak besar dan mereka semua terseret ombak," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan laporan adanya potensi cuaca ekstrem akibat gangguan atmosfer di wilayah Jawa Timur. 

Jawa Timur berada pada musim kemarau dengan pola angin dominan dari arah Timur hingga Tenggara.

Selain mampu mengakibatkan peningkatan potensi terjadinya cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Jawa Timur, BMKG juga mengingatkan masyarakat pesisir untuk mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi hingga enam meter.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: