Pengamat: Duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir Sangat Mungkin Terjadi

Pengamat: Duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir Sangat Mungkin Terjadi

Menteri BUMN Erick Thohir bertemu bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di Jakarta, Rabu (5/7/2023).--

Duet Ganjar dan Erick Thohir - Pertemuan calon presiden PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dengan Erick Thohir ditanggapi Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah.

Dedi menyebut, pertemuan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir merupakan bagian dari konsolidasi.

"Potensi duet antara Ganjar dan Erick sudah lama diwacanakan, bahkan sukarelawan keduanya sudah terbentuk," kata Dedi, Kamis 6 Juli 2023.

Menurut dia, pertemuan ini dimungkinkan hasil instruksi Presiden Joko Widodo untuk melakukan konsolidasi karena secara umum pasangan Ganjar dan Erick cukup mendapat respons masyarakat.

Dedi menilai duet Ganjar dan Erick sangat mungkin terjadi sebab PDIP sebagai pengusung bakal capres Ganjar Pranowo tidak perlu koalisi untuk mengajukan pasangan capres-cawapres.

"Jika membaca peluang PDIP yang tidak memerlukan koalisi maka memasangkan Ganjar dan Erick cukup mudah," jelasnya.

BACA JUGA:

Akan tetapi, kata dia, saat ini yang cukup berat adalah dorongan dari PPP yang menyodorkan Sandiaga Uno sebagai pendamping Ganjar.

"PPP masih kental nuansa tawarkan Sandiaga. Sementara Sandi dan Erick memiliki kesamaan modal, baik elektabilitas maupun logistik," tambah Dedi.

Dia juga menilai pertemuan Ganjar dan Erick memiliki kaitan erat dan hasil simulasi terhadap keduanya yang jika disandingkan mendapat dukungan cukup tinggi.

"Sangat mungkin itu implikasi tindak lanjut dari hasil survei, tidak saja survei IPO, beberapa lembaga lain juga menemukan elektabilitas Erick cukup tinggi saat disandingkan dengan Ganjar," katanya menegaskan.

Sementara itu, peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai pertemuan Ganjar dan Erick sangat wajar, apalagi publik menginginkan Ganjar yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah untuk melanjutkan pemerintahan Presiden Jokowi

"Survei SMRC pada Mei 2023. Di survei itu kami tanya siapa tokoh yang paling baik mendampingi Ganjar? Nama Erick Thohir dan Sandiaga Uno disebut paling banyak," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, sekaligus bakal calon presiden PDI-P Ganjar Pranowo di rumah perwakilan Jawa Tengah di Jakarta pada Rabu (5/7).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: