Cara Bikin Google Form Disemua Perangkat

Cara Bikin Google Form Disemua Perangkat

Cara Bikin Google Form Disemua Perangkat-FIN.CO.ID-

Google Formulir atau yang lebih dikenal Google Form merupakan aplikasi layanan milik Google yang berfungsi untuk membuat serta mengumpulkan informasi data yang ingin dikumpulkan dari suatu kegiatan tertentu. 

Google Form dapat berfungsi untuk membuat kuesioner dalam bentuk formulir. Sebagai contoh, dengan fitur Google Form ini kita dapat menciptakan daftar hadir, survei, kuis, daftar acara dan formulir data untuk pendaftaran acara. 

Dengan menggunakan Google Form ini, pengguna dapat membuat sebuah survei, kuis dan lain-lain di browser secara langsung tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. 

Cara bikin Google Form ini juga sangat mudah dan praktis. Pengguna hanya perlu menyiapkan data dan pertanyaan apa yang ingin dikumpulkan. Contoh paling sederhana adalah menanyakan nama, tanggal lahir dan lain-lain. 

Setelah mengetahui data dan pertanyaan yang ingin didapatkan terkumpul pengguna hanya perlu perlu membuka Google Form pada browser yang ada pada perangkat yang digunakan. 

Cara Bikin Google Form 

Karena Google Form dapat berjalan tanpa harus install aplikasi tambahan, pengguna dapat menggunakannya disemua perangkat baik HP (Mobile), Tablet maupun Laptop dan Komputer (Desktop).

Simak ringkasan cara bikin Google Form berikut ini, cara berikut ini dapat bekerja disemua perangkat.

  1. Siapkan device yang kamu miliki (HP, Tablet, Laptop ataupun Komputer)
  2. Lalu buka browser yang kamu gunakan (Google Chrome, Edge, Firefox, Dll)
  3. Pada kolom URL paste alamat berikut ini: docs.google.com/forms/
  4. Jika sudah terbuka silahkan pilih opsi Mulai Formulir Baru
  5. Isi data dan pertanyaan yang telah disiapkan
  6. Jangan lupa beri judul 
  7. Formulir yang dibuat akan secara otomatis tersimpan 
  8. Untuk membuka formulir yang telah dibuat sebelumnya silahkan kembali ke halaman awal
  9. Pilih opsi Kirim untuk membagikannya

Manfaat Dari Google Form

Google Formulir atau Google Form memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaan. Dengan menggunakan Google Form pengguna sangat dimudahkan saat mengerjakan tugas ataupun menyelesaikan pekerjaan. Berikut ini adalah contoh-contoh manfaat yang mampu diselesaikan menggunakan Google Form:

  1. Menciptakan formulir kuesioner
  2. Merapikan data bisnis
  3. Mengumpulkan data dan informasi peserta
  4. Membuat tugas dan soal esai dan pilihan ganda secara digital
  5. Menciptakan formulir pendaftaran 
  6. Membuat survei

Google Form Rawan Disalahgunakan

Akan tetapi dibalik manfaat dan kegunaan yang diberikan, Google Form ini juga rawan disalahgunakan oleh sebagian oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa Google Form ini dapat dibuat secara mudah dan cepat. Google form juga mampu mengumpulkan data dan informasi yang dibuat pengguna. 

Beberapa oknum menggunakan Google Form ini untuk mengumpulkan data dan informasi tertentu seperti nama lengkap, email, alamat rumah dan lain-lain untuk kepentingan tertentu. 

Dengan modus dan cara pendekatan tertentu, Google Form ini dapat digunakan sebagai alat untuk mencuri data pribadi si pengisi formulir. 

Contoh kecil penyalahgunaan Google Form: Kuis dan Survei yang meminta data seperti nama, alamat email dan data lain yang sebetulnya tidak berkaitan dengan kuis ataupun survei tersebut. 

Nah bagi kamu yang hobi banget main kuis dan mengisi survei, sebaiknya berhati-hati serta teliti sebelum mengisi jawaban kuis dan data yang diminta. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mas Dhimas

Tentang Penulis

Sumber: fin.co.id