Browser Terpopuler 2023 Selain Google Chrome yang Bisa Kamu Jadikan Opsi

Browser Terpopuler 2023 Selain Google Chrome yang Bisa Kamu Jadikan Opsi

Browser Terpopuler 2023 Selain Google Chrome--

Browser Selain Google Chrome - Bicara soal mesin pencari atau browser yang handal, tentu yang terlintas dipikiran kita adalah Google Chrome. Tentu saja, pasalnya Google Chrome sendiri menempati urutan teratas dalam segi kepopuleran. 

Browser milik Google ini merupakan mesin pencari dengan tingkat kepopuleran tertinggi diantara mesin pencari lainnya. Google Chrome menempati urutan pertama dengan jumlah pengguna terbanyak yakni 62.85% dari 100% pengguna yang ada. 

Selain populer, nyatanya Google Chrome ini menawarkan segudang kelebihan untuk penggunanya. Banyak kelebihan yang bermanfaat bagi pengguna untuk menjelajah informasi dari seluruh dunia. 


Browser Terpopuler 2023, oberlo.com

Namun, Google Chrome juga tak lepas dari segudang masalah dan kekurangan. Hal yang paling umum dirasakan saat menggunakan Google Chrome ini adalah lemotnya minta ampun jika kita membuka banyak tab. 

Bahkan selain terkenal sebagai Browser paling populer, Google Chrome ini juga dikenal sebagai Browser yang paling boros RAM. Chrome sangat tamak dalam segi konsumsi RAM saat menjalankan tab demi tab yang dibukanya. 

Hal tersebutlah yang membuatnya terasa berat seiring banyaknya tab yang dibuka. Buat yang memiliki perangkat kentang siap-siap deh ngerasain lemot. 

Pada perangkat Komputer dan Laptop, dampak tamaknya Google Chrome dalam segi konsumsi RAM juga mengganggu jalannya software lain. 

Bayangin aja jika kita sedang dikejar deadline harus merasakan perangkat yang lemot, betapa menjengkelkannya hal tersebut. 

Memang, selain faktor Google Chrome yang hobi nyemil RAM perangkat kita, kita juga harus sadar diri batas dan kemampuan perangkat kita sendiri saat menjalankan aplikasi/software. Jangan semata-mata nyalahin perangkat yang kita pakai. 

Jangan sampai ketika kita sudah tau kemampuan dan kapasitas perangkat ekstra minimalis, kita paksakan untuk menjalankan banyak aplikasi/software dan tab browser yang banyak secara bersamaan. 

Kelebihan Google Chrome

Nah, berikut ini beberapa kelebihan Google Chrome yang dapat kita rasakan. 

  1. Tampilan simple dan modern yang membuatnya mudah dipahami.
  2. Proteksi dan keamanan yang cukup mumpuni
  3. Banyak Ekstensi dan fitur tambahan yang bermanfaat 
  4. Singkronisasi dengan akun Google
  5. Integrasi dengan Google Translate
  6. Pemblokiran malware dan situs berbahaya
  7. Mode Incognito
  8. Mode gelap (biar mata nggak sakit)
  9. Fitur Inbuilt
  10. Rutinitas pembaruan (update versi)

Kekurangan Google Chrome

Berikut adalah beberapa kekurangan Google Chrome yang dapat kamu jadikan catatan. 

  1. Makan random access memory (RAM) dan CPU
  2. Isu masalah privasi
  3. Ditemui beberapa bugs

Terlepas dari beberapa kekurangan Google Chrome, nyatanya masih bannyak manfaat kelebihan dan fitur yang dapat membantu. Masalah paling besar dan paling terasa dampaknya adalah soal konsumsi RAM dan CPU itu sendiri. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mas Dhimas

Tentang Penulis

Sumber: fin.co.id