Survei Populix: 75 Persen Masyarakat Indonesia Aktif Partisipasi Program Waste Management

Survei Populix: 75 Persen Masyarakat Indonesia Aktif Partisipasi Program Waste Management

Survei Populix soal Empowering Circular Economy and Engaging Stakeholders for Effective Waste Management.-Populix-

Survei Populix - Secara mengejutkan survei Populix menyajikan 75 persen masyarakat Indonesia aktif partisipasi program waste management.

Fenomena angka pembuangan sampah plastik di Indonesia cukup mengkhawatirkan.

Berdasarkan penelitian Lourens J.J. Meijer dan rekan-rekannya yang dipublikasikan di jurnal Science Advance pada 2021, Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar di dunia dengan jumlah mencapai 56.333 metrik ton setiap tahun.

Untuk mengurangi jumlah sampah plastik, Kementerian PPN/Bappenas menggalangkan inisiatif pengelolaan limbah dalam sebuah program yang dikenal dengan nama Circular Economy.

BACA JUGA:

Mengamati lebih lanjut mengenai program waste management di Indonesia, Populix mengeluarkan laporan 'Empowering Circular Economy and Engaging Stakeholders for Effective Waste Management'.

Hal ini untuk mengetahui tingkat kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam program waste management yang digalakkan oleh pemerintah, pelaku bisnis, dan komunitas serta pengaruh kehadiran aplikasi waste management.

Co-Founder dan CEO Populix Timothy Astandu mengatakan laporan terbaru kami mengungkapkan bahwa 75 persen masyarakat Indonesia sudah berpartisipasi dalam mengelola sampah.

"Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah memiliki kesadaran dan keinginan yang tinggi untuk mengelola sampah," kata Timothy.

BACA JUGA:

Selain itu, tambah Timothy Astandu, kehadiran aplikasi waste management juga membantu masyarakat dalam menyalurkan sampah setiap minggunya.

"Berbagai inisiatif yang dilakukan oleh merek dan komunitas dalam memberikan edukasi dan pengalaman bagi masyarakat juga memberikan dampak positif sehingga makin banyak masyarakat yang paham bagaimana cara mengelola sampah mereka," ujar Timothy.

Kesadaran Masyarakat terhadap Program Pemerintah


Infografik survei Populix soal Empowering Circular Economy and Engaging Stakeholders for Effective Waste Management.-Populix-

Dari hasil survei yang dilakukan pada  April 2023 terhadap 1.018 responden pria dan wanita, sebanyak 73 persen mengetahui program pemerintah dalam mengurangi sampah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: