Harga Kambing Stabil, Sapi Kurban Naik hingga Rp15.000 per Kilogram Jelang Iduladha 1444 H

Harga Kambing Stabil, Sapi Kurban Naik hingga Rp15.000 per Kilogram Jelang Iduladha 1444 H

Kambing kurban harus memenuhi syarat dan syariat Islam--islam.nu.or.id

Harga Kambing Stabil, Sapi Kurban Naik - Harga hewan kurban jenis sapi di tingkat pedagang dan peternak di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 hijriah naik sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000 per kilogram dari berat hewan ternak hidup.

Selain permintaan hewan kurban meningkat, juga harga naik untuk signifikan dan naiknya pada H-1 Idul Adha 1444 H ini, mencapai Rp15.000 per kg sapi hidup, kata Tumar salah satu pedagang hewan kurban asal Selo Boyolali, Rabu 

Tumar mengatakan harga sapi untuk kurban sekarang untuk sapi hidup per kg mencapai Rp65.000, sedangkan harga normal hanya sekitar Rp53.000 per kg atau kenaikannya sekitar Rp15.000 per kg sapi hidup.

Selain itu,  permintaan pasar pada hari kurban tahun ini, cukup menggairahkan yakni hewan kurban sapi sudah laku sebanyak 18 ekor. 

BACA JUGA:Sapi Kurban Mengamuk Hingga Terjebak di Saluran Air, Damkar Kota Bekasi Turun Tangan Evakuasi

Sedangkan, pada Hari Raya Idul Adha tahun sebelumnya hanya bisa laku empat ekor sapi saja atau meningkat 14 ekor sapi.

Dia menyampaikan dari 21 ekor sapi yang disediakan tahun ini, sudah laku 18 ekor dengan harga mulai dari Rp18 juta hingga 74 juta per ekor tergantung berat sapi hidup dan kualitasnya.

Mardiono salah satu peternak di Desa Sudimoro, Teras, Boyolali mengaku sangat beruntung dengan adanya layanan pemeriksaan kesehatan hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali jelang Idul Adha tersebut.

Dia mengaku pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, menyediakan 120 ekor sapi dan sudah terjual 115 ekor, kemudian 200 ekor kambing yang hingga kini sudah terjual 100 ekor. 

BACA JUGA:DKM Masjid Raya Al Azhom Tangerang Siapkan 2 Ribu Kupon Daging Kurban

Target pasarnya di wilayah Solo Raya. 

Sedangkan, harga kambing saat ini, masih stabil kisaran Rp2,3 juta hingga Rp5 juta per ekor, kemudian sapi berkisar Rp17 juta hingga Rp36 juta per ekor.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnakkan Kabupaten Boyolali Afiany Rifdania mengatakan pihaknya telah melakukan kegiatan pemeriksaan hewan untuk kurban sejak H-14 Idul Adha 1444 H dengan melibatkan tim dari kesehatan hewan dan pusat kesehatan hewan (Puskeswan) Disnakkan Kabupaten Boyolali yang menyebar di beberapa tempat di wilayah ini.

Kegiatan pemeriksaan untuk hewan kurban salah satunya dilaksanakan di tempat penampungan hewan kurban Desa Sudimoro, Kecamatan Teras, Boyolali. Hewan kurban yang diperiksa kesehatannya tidak hanya jenis sapi saja, tetapi juga kambing dan domba yang dipersiapkan menjelang Idul Adha.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: