Menko PMK: Pondok Pesantren Al Zaytun Sudah Mirip Negara

Menko PMK: Pondok Pesantren Al Zaytun Sudah Mirip Negara

Ponpes al Zaytun viral--

Pondok Pesantren Al Zaytun Sudah Mirip Negara - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkap kengerian di Pondok Pesantren Al Zaytun.

Dijelaskan Muhadjir, Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat tidak seperti sebuah lembaga pendidikan pada umumnya.

Namun Pondok Pesantren Al Zaytun sudah seperti komune atau mirip dengan sebuah negara.

"Komune itu artinya sebuah sistem kemasyarakatan yang sudah mirip negara. Di sana sudah ada struktur, hierarki, dan regulasi. Regulasi itu sudah dibikin sedemikian rupa yang menekankan kepatuhan kepada pimpinan," katanya seusai melaksanakan shalat Idul Adha di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah Jakarta, Rabu, 28 Juni 2023.

BACA JUGA:

Diungkapkannya keberadaan Komune di Indonesia keberadaan memang tidak dilarang.

Namun, kegiatannya tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.

Dia mengemukakan bahwa di negara seperti Amerika Serikat dan Jepang ada komune yang melakukan kejahatan dan tindakan yang mengancam keselamatan jiwa.

"Mudahan-mudahan komune di Al Zaytun tidak seekstrem seperti itu," katanya.

BACA JUGA:

Disampaikannya saat ini penanganan masalah Pondok Pesantren Al Zaytun dilakukan dari dua sisi, sisi hukum dan sisi pendidikan.

Penanganan secara hukum dijalankan di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan bersama Polri.

Sedangkan Kemenko PMK dan Kementerian Agama akan mengawal penanganan dari sisi pendidikan.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: