Muhammadiyah: Investigasi Pondok Pesantren Al Zaytun Jangan Terlalu Lama

Muhammadiyah: Investigasi Pondok Pesantren Al Zaytun Jangan Terlalu Lama

Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu-ist-net

Muhammadiyah: Investigasi Pondok Pesantren Al Zaytun Jangan Terlalu Lama - Pemerintah diminta tak terlalu lama menginvestigasi Pondok Pesantren Al Zaytun yang telah membuat polemik di masyarakat.  

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Tafsir mengatakan polemik Pondok Pesantren Al Zaytun harus dijadikan pelajaran bagi seluruh pihak, termasuk Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia, Kementerian Agama, dan pemerintah.

"Jangan sampai ada lembaga yang tidak sesuai dengan keindonesiaan dan yang Islam tidak sesuai dengan nilai-nilai keislaman," katanya, Minggu, 25 Juni 2023.

Dia berharap proses investigasi yang dilakukan terkait Pondok Pesantren Al Zaytun tersebut tidak memakan waktu lama.

BACA JUGA:

"Sekali lagi kalau ada penyimpangan dalam berbangsa dan bernegara serta nilai keislaman ya harus ditutup," katanya.

Dijelaskannya, terkait pondok pesantren di lingkungan Muhammadiyah, dipastikan tetap berada dalam koridor organisasi kemasyarakatan Islam.

Sebab Muhammadiyah memiliki lembaga yang bertugas membina dan mengembangkan pondok pesantren.

"Kami ada Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah atau LP2M yang bertugas mengembangkan dan membina supaya pondok pesantren Muhammadiyah tetap berada dalam koridor Muhammadiyah," katanya.

BACA JUGA:

Selain itu, di internal Muhammadiyah juga ada badan pembina harian yang sehari-hari bertugas membina pondok pesantren.

"Baru di bawahnya ada direktur pondok, ustadz, dan ustazah. Insya Allah, tidak ada penyimpangan dan penyelewengan yang aneh-aneh," katanya.

Dia mengatakan pondok pesantren merupakan tempat untuk menunaikan ma'had, yakni menunjukkan janji dan tempat saling membangun komitmen.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: