Peringatan Kemenag! Jamaah Haji Jangan Selfie di Masjidil Haram

Peringatan Kemenag! Jamaah Haji Jangan Selfie di Masjidil Haram

Ilustrasi - jemaah haji selfie di Masjidil Haram-ist-net

Peringatan Kemenag! Jamaah Haji Jangan Selfie di Masjidil Haram - Kementerian Agama (Kemenag) kembali memberi peringatan kepada jamaah haji asal Indonesia.

Jamaah haji Indonesia diingatkan jangan melakukan selfie atau swafoto secara berlebihan di area Masjidil Haram.

Selfie di  Masjidil Haram akan mengganggu jemaah haji lainnya yang tengah melakukan ibadah.

"PPIH mengimbau dan mengingatkan untuk tidak berlebihan di Masjidil Haram, terlebih menggunakan perangkat foto profesional," ujar Koordinator Media Center Haji PPIH Dodo Murtado di Jakarta, Selasa, 20 Juni 2023.

BACA JUGA:

Disadari Dodo, kehadiran seorang muslimin di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan tempat-tempat lainnya di Tanah Suci, selain beribadah juga menjadi momentum untuk mengabadikan diri dengan berfoto di tempat-tempat tersebut.

Namun, yang perlu dicermati bahwa jamaah calon haji perlu memperhatikan larangan-larangan yang berlaku di Masjidil Haram agar tidak berurusan dengan aparat keamanan yang bertugas di tempat suci tersebut.

Untuk itu, ia mengimbau agar jamaah fokus beribadah selama di Tanah Suci, khususnya selama berada di Masjidil Haram, mengurangi aktivitas selain ibadah.

"Jamaah perlu mengindahkan ketentuan-ketentuan otoritas pemerintah Arab Saudi, khususnya di Masjidil Haram," katanya.

BACA JUGA:

Di sisi lain, menjelang puncak haji, Kemenag mengimbau jamaah, khususnya lansia untuk fokus menjaga kesehatannya, menghemat energinya menyambut puncak haji.

Para peserta haji diminta meminimalisasi ibadah sunnah agar tidak kelelahan. Menjaga asupan, makan, dan istirahat secara teratur, dan minum yang cukup untuk menjaga hidrasi tubuh.

Jamaah calon haji Indonesia juga, kata Dodo, akan mendapatkan sejumlah menu siap saji selama fase puncak haji di Arafah—Muzdalifah—Mina (Armina). Ada beragam menu, antara lain mangut lele, rendang ayam, rendang daging, semur, dan gulai ikan.

"Selain itu, ada juga sajian bubur kacang hijau, kacang merah, serta ketan hitam," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: