Resep dan Cara Membuat Ayam Balado Pedas Sederhana yang Enak Dilidah

Resep dan Cara Membuat Ayam Balado Pedas Sederhana yang Enak Dilidah

Ilustrasi ayam balado.-YouTube/Glentina Pasaribu-

Ayam Balado - Berikut ini resep dan cara membuat makanan ayam balado pedas sederhana yang enak dilidah ketika disantap.

Diketahui bahwa balado adalah sejenis bumbu panas dan pedas (campuran rempah-rempah) yang ditemukan dalam masakan Minang di Sumatera Barat, Indonesia.

Sejak itu menyebar ke seluruh Indonesia dan juga Malaysia, terutama di Negeri Sembilan.

Saus balado dibuat dengan menumis cabai merah giling dengan rempah-rempah lain termasuk bawang putih, bawang merah, tomat dan jeruk purut (daun, buah, atau keduanya) dalam kelapa atau minyak sawit.

BACA JUGA:

Bahan-bahannya sangat mirip dengan sambal sambal sambal pedas.

Namun, tidak seperti sambal — yang sering diperlakukan sebagai bumbu celup terpisah, saus sambal balado biasanya dicampur dan ditumis bersama dengan bahan utamanya dan diperlakukan sebagai hidangan.

Balado cocok untuk udang goreng, cumi-cumi, ikan (utuh atau irisan daging), ayam, telur rebus goreng, daging sapi goreng, terong atau kentang.

Karena bahan dan tekniknya yang hampir identik, istilah balado sering dipertukarkan dengan sambal goreng (lit.: "sambal goreng").

BACA JUGA:

Namun demikian, istilah balado lebih khusus mengacu pada tradisi memasak Minang, sedangkan sambal goreng mengacu pada tradisi masakan Indonesia yang lebih umum.

Bahkan bumbu balado ini juga kerap ditemukan ada bisa dibuat dengan ayam untuk disajikan sebagai lauk makanan.

Dilansir Blue Band, ayam balado merupakan hidangan khas Indonesia yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya dan sambal balado yang menjadi kunci kelezatannya.


Ilustrasi ayam balado.-indofoodsolutions.com-

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: