Apa Itu Energi Terbarukan? Ini Contoh Pengertian dan Manfaatnya

Apa Itu Energi Terbarukan? Ini Contoh Pengertian dan Manfaatnya

Illustrasi enerti terbarukan--pinterest

Apa Itu Energi Terbarukan? Ini Contoh Pengertian dan Manfaatnya - Pasti kalian bertanya-tanya soal energi terbarukan seperti apa? dan manfaatnya bagi manusia dan lingkungan.

Energi terbarukan sumber energi yang dapat dimanfaatkan secara terus menerus yang tersedia di alam. Dengan energi ini terdapat manfaat yang sangat baik dari segi lingkungan, ekonomi, sosial, dan lain-lain.

Mengapa energi terbarukan harus dimanfaatkan secara luas? karena ketersediaannya yang melimpah tidak menghasilkan polusi serta emisi karbon, dan membuat masyarakat mandiri dalam upayakan energi sendiri.

Sumber energi terbarukan ini berasal dari energi matahari dengan memanfaatkan panel surya yang ubah sinar matahari jadi listrik. Berikutnya energi angin yang menggunakan turbin angin yang dapat hasilkan listrik.

Selain itu energi Hidro yang didapat dari aliran air sungai atau air pasang surut. Energi ini dapat membangkitkan listrik. Berikutnya energi Geothermal yang menggunakan panas bumi untuk hasilkan uap yang kemudian digunakan untuk menggerakan turbin dan hasilkan listrik.

Setelah mengetahui beberapa sumber energi Terbarukan simak manfaatnya yang dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

Berikut adalah beberapa manfaat utama energi terbarukan:

1. Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Energi terbarukan menghasilkan sedikit atau bahkan tidak ada emisi gas rumah kaca saat digunakan untuk menghasilkan energi. Hal ini dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap perubahan iklim, peningkatan suhu global, dan polusi udara.

2. Sumber Energi yang Tak Terbatas

Energi yang didapat dari seperti matahari, angin, air, dan panas bumi Tentunya tidak akan habisnya

Jadi sumber daya ini tidak akan habis dan memberikan pasokan energi yang tak terbatas dalam jangka panjang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: