Polda Papua Cari Warga Suku Mee yang Bakar Rumah Warga Suku Dani di Kampung Urumusu, Nabire

Polda Papua Cari Warga Suku Mee yang Bakar Rumah Warga Suku Dani di Kampung Urumusu, Nabire

Anggota Polres Nabire ketika berada di salah satu rumah yang terbakar di Kampung Urumusu, Kabupaten Nabire, Sabtu (10/6)--

Polda Papua Cari Warga Suku Mee yang Bakar Rumah Warga Suku Dani di Kampung Urumusu, Nabire

Polda Papua akan menindak tegas para pelaku utama pembakaran rumah warga di Kampung Urumusu, Distrik Uwapa, Kabupaten Nabire, Papua Tengah.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, saat ini Polres Nabire telah melakukan pertemuan dengan para tokoh dari suku Mee di Topo yang berlangsung Polsek Uwapa, Sabtu 10 Juni 2023.

"Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas aksi pembakaran rumah yang dilakukan oleh suku Mee terhadap warga dari suku Dani di Kampung Urumusu," katanya.

Menurut Ignatius, pasca kejadian tersebut situasi di sekitar lokasi relatif kondusif sehingga pihaknya mengimbau kepada kedua belah pihak yang bertikai agar dapat menahan diri dan tidak mudah terprovokasi.

"Upaya mediasi yang saat saat ini dilakukan oleh aparat keamanan bersama pemerintah daerah setempat serta para tokoh masyarakat masih berjalan guna guna mencari solusi terbaik untuk mengakhiri konflik ini," ujarnya.

Sementara itu, Wakapolres Nabire Kompol I Wayan Laba mengatakan pihaknya mengajak ke dua tokoh adat untuk membantu Polri dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mencegah terjadinya tindakan yang sama ke depan.

"Karena jika tindakan semacam ini terus terjadi maka pertikaian dapat terus berlanjut sehingga kami mengimbau agar sama-sama menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif," katanya.

Sekadar untuk diketahui insiden pembakaran rumah warga di Kampung Urumusu terjadi pada Sabtu (10/6) sekitar pukul 08.00 WIT dan mengakibatkan enam unit rumah terbakar dan saat terjadi kebakaran ke enam rumah tersebut tidak berpenghuni.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: