Gerindra Setuju Jokowi Cawe-cawe di Pemilu 2024 dalam Konteks Positif

Gerindra Setuju Jokowi Cawe-cawe di Pemilu 2024 dalam Konteks Positif

Presiden Jokowi saat kampanye Pemilu 2019 di GBK Senayan Jakarta.-dok fin-dok fin

Gerindra Setuju Jokowi Cawe-cawe di Pemilu 2024 dalam Konteks Positif

Pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengaku akan cawe-cawe di Pemilu 2024 ditanggapi Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman.

Ia mengaku tidak mempermasalahkan Jokowi yang cawe-cawe atau ikut campur dalam hal politik, khususnya menjelang Pemilu 2024.

"Ya, sepanjang beliau tidak ikut kebijakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon. Itu jelas di undang-undang pemilu," kata Habiburokhman, Rabu 7 Juni 2023.

Menurutnya, sudah sepantasnya Jokowi cawe-cawe dalam konteks positif.

BACA JUGA:AHY 'Ngebet' Umumkan Cawapres Anies: Semakin Cepat Semakin Baik

Seperti ikut menertibkan aturan kampanye dan aturan lain terkait Pemilu 2024.

"Kami sepakat sudah tepat sekali apa yang disampaikan Pak Jokowi. Kita, sebagai bangsa Indonesia, semuanya memang harus cawe-cawe. Sebagai panggilan moral, apalagi beliau presiden. Jadi, cawe-cawe itu dalam konteks positif," tambahnya.

Dia pun menegaskan tidak keberatan dengan sikap Jokowi yang cawe-cawe, selama hal itu tidak merugikan pihak tertentu. Meski demikian, sampai saat ini belum ada pasangan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang ditetapkan.

"Kemudian, menggunakan kebijakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon. Sekarang, kan, pasangan calon saja belum ada, jadi bagus, ya, kalau memang presiden punya komitmen moral untuk cawe-cawe," katanya.

BACA JUGA:Basuki Ogah Jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024: Saya Ambil yang Lain

Habiburokhman menilai makna cawe-cawe adalah membantu. Oleh karena itu, Jokowi diharapkan tidak lepas tangan dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Sepanjang tidak melanggar aturan yang berlaku, kan kita ada larangan kampanye di regulasi kita dan sebagainya," tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan sikap cawe-cawe politik yang dilakukannya bertujuan agar Pilpres 2024 berjalan dengan baik, tanpa ada riak yang membahayakan negara dan bangsa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: