Jokowi Ajak Seluruh Rakyat Tolak Politisasi Agama dan Politik Identitas Pemilu 2024

Jokowi Ajak Seluruh Rakyat Tolak Politisasi Agama dan Politik Identitas Pemilu 2024

Presiden Jokowi pimpin upacara Hari Lahir Pancasila--SS YouTube Kompas.com

Jokowi Ajak Seluruh Rakyat Tolak Politisasi Agama dan Politik Identitas Pemilu 2024 - Jelang Pemilu 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh rakyat Indonesia menyambut dengan suka cita dan penuh kegembiraan.

Dia menyerukan agar jelang pesta demokrasi di Indonesia ini seluruh rakyat menolak politisasi agama dan politisasi identitas.

Dikatakannya bahwa toleransi, persatuan, dan gotong royong merupakan kunci membangun bangsa yang kokoh dan kuat. 

"Oleh sebab itu saya mengajak kita semuanya untuk menolak ekstrimisme, menolak politisasi identitas, menolak politisasi agama. Mari kita menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan kedewasaan, dengan sukacita, dengan memegang teguh nilai-nilai pancasila, memperjuangkan Indonesia maju yang adil, yang sejahtera, serta berwibawa di kancah dunia," katanya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis, 1 Juni 2023.

BACA JUGA:

Jokowi juga menegaskan bahwa sebagai negara besar, Indonesia harus duduk sejajar dengan bangsa-bangsa lain dan tidak didikte oleh siapa pun.

"Indonesia siap memimpin, bekerja sama, dan berkolaborasi dengan negara mana pun," katanya. 

Jokowi menyebut ideologi Pancasila menjadikan kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui oleh dunia internasional.

BACA JUGA:

Dia mengatakan Presidensi G20 yang sukses dilaksanakan Indonesia hingga keketuaan ASEAN tahun ini merupakan bukti nyata Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia, tetapi juga sangat relevan untuk dunia.

"Selamat Hari Lahir Pancasila, salam Pancasila, merdeka!" tegasnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: