Berlaku Mulai 1 Juni 2023, Ini Jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek

Berlaku Mulai 1 Juni 2023, Ini Jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek

Sejumlah penumpang KRL berjalan di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (13/2/2023). Manajemen PT KAI Commuter Indonesia (KCI) menambah sebanyak 31 pengumpan (feeder) sebagai antisipasi kepadatan penumpang transit di Stasiun Manggarai terutama pada jam sibuk--

Selain itu, pada lintas Parungpanjang-Serpong headway menjadi lebih cepat 1 menit, dari sebelumnya 13 menit menjadi 12 menit.

Selain memperpendek headway, pada pemberlakuan Gapeka 2023 KCI juga melakukan optimalisasi relasi perjalanan Commuterline Rangkasbitung. KAI Commuter akan melakukan perpanjangan relasi pada 16 perjalanan feeder relasi Rangkasbitung - Parungpanjang PP menjadi relasi Rangkasbitung-Tanah Abang PP. 

KCI akan mengoperasikan sebanyak 221 perjalanan Commuterline Rangkasbitung dengan 21 rangkaian yang akan melayani pengguna di lintas tersebut.

BACA JUGA:

Penyesuaian jadwal pemberangkatan di stasiun pemberangkatan awal lainnya untuk menuju Stasiun Tanah Abang juga dilakukan. 

Seperti di Stasiun Tigaraksa, sebelumnya di stasiun tersebut terdapat 3 pemberangkatan awal di pagi hari pada pukul 04.15, 05.45, dan 08.05. 

"Pada 1 Juni 2023 akan berubah menjadi pukul 04.20 WIB, 07.10 WIB, dan 08.40 WIB," ungkapnya.

Sementara untuk stasiun-stasiun pemberangkatan lainnya, seperti Stasiun Parungpanjang dan Stasiun Serpong, untuk menuju Stasiun Tanah Abang pada jam sibuk pagi, dilakukan penyesuaian jadwal 5-20 menit dari waktu pemberangkatan sebelumnya.

Khusus Stasiun Rangkasbitung, KCI juga melakukan penyesuaian untuk konektivitas intermoda yang memudahkan pengguna Commuter Line Merak dengan relasi Rangkasbitung-Merak PP yang akan melanjutkan perjalanan dengan Commuter Line Rangkasbitung untuk menuju daerah-daerah sekitar Serpong dan Jakarta maupun sebaliknya.

BACA JUGA:

Untuk memudahkan pengguna yang akan melanjutkan perjalanan baik untuk Commuterline Merak maupun Commuter Line Rangkasbitung, KCI telah mengintegrasikan jadwal-jadwal pemberangkatan ataupun kedatangan antara perjalanan di Stasiun Rangkasbitung.

"Dan di Rangkas itu Commuter Line bisa terlayani dengan KA Lokal Merak. Ini adalah gambaran bagaimana transpor publik bisa terkoneksi," katanya.

Secara keseluruhan, KCI mengoperasikan 1.133 perjalanan dengan 98 trainset di Commuter Line Jabodetabek pada Gapeka 2023. Dengan cara ini, KCI bisa mendorong penumpang Commuter Line ke angka 1 juta penumpang per hari.

"Dengan adanya perubahan dan pengembangan, kami berharap dalam 1 hari kita bisa melayani lebih dari 1 juta penumpang. Sehingga bisa mengurangi potensi kemacetan dan juga polusi di Jabodetabek khususnya," katanya.

Jumlah Perjalanan KRL Jabodetabek:

  • Commuter Line Bogor 420 perjalanan dengan headway 5 menit
  • Commuter Line Cikarang 282 perjalanan dengan headway 9 menit
  • Commuter Line Rangkasbitung 221 perjalanan dengan headway 12 menit
  • Commuter Line Tangerang 124 perjalanan dengan headway 18 menit
  • Commuter Line Tanjung Priok 86 perjalanan dengan headway 18 menit

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: