Berlaku Mulai 1 Juni 2023, Ini Jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek

Berlaku Mulai 1 Juni 2023, Ini Jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek

Sejumlah penumpang KRL berjalan di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (13/2/2023). Manajemen PT KAI Commuter Indonesia (KCI) menambah sebanyak 31 pengumpan (feeder) sebagai antisipasi kepadatan penumpang transit di Stasiun Manggarai terutama pada jam sibuk--

BACA JUGA:

"Sehingga totalnya menjadi 52 perjalanan dan  Headway berubah menjadi 5 menit," katanya.

Erni mengatakan sebagai langkah antisipasi pengguna yang transit di Stasiun Manggarai ke arah Sudirman/Tanah Abang/Duri pada lintas Manggarai-Kampung Bandan pada jam sibuk pagi, pihaknya akan menambah 13 perjalanan sehingga menjadi 33 perjalanan. 

Sedangkan untuk pengguna yang transit di Stasiun Manggarai dari arah Duri/Tanah Abang/Sudirman pada jam sibuk sore di lintas Kampung Bandan-Manggarai, KCI menambah 17 perjalanan sehingga menjadi 40 perjalanan.

Sebagai pilihan pada jam sibuk pagi dan sore, pengguna Commuter Line di sekitar wilayah Tangerang yang akan menuju atau dari wilayah pusat perkantoran di kawasan Sudirman bisa menggunakan layanan Commuter Line Basoetta (Bandara Soekarno Hatta). 

BACA JUGA:

Pengguna bisa naik atau turun di stasiun-stasiun transit seperti Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper.

"Kami berharap dengan adanya layanan Commuter Line ini dan menambah jumlah perjalanan kereta bandara keberangkatan Manggarai sebanyak 56 kereta (dari sebelumnya 40) ini juga memudahkan masyarakat untuk bepergian ke bandara ataupun ke tempat yang bisa dilayani untuk naik turun di Stasiun Batu Ceper atau Duri sebagai alternatif transit di Stasiun Manggarai," katanya.

Commuter Line Cikarang

Sementara lintas Commuter Line Cikarang, penyesuaian dilakukan dengan menambah kecepatan perjalanan dari semula 70 km per jam menjadi 95 km per jam. 

"Headway rata-rata menjadi 9 menit dari yang sebelumnya 12 menit," katanya.

BACA JUGA:

Dikatakannya pihaknya juga memperpanjang 6 perjalanan feeder (pengumpan) relasi Cikarang-Bekasi Pergi Pulang (PP) menjadi relasi Cikarang-Manggarai-Kampung Bandan. 

Penyesuaian itu dilakukan dengan mengoperasikan 282 perjalanan Commuter Line Cikarang dengan 28 rangkaian yang akan melayani pengguna di lintas tersebut.

"Jadi bagi pengguna ke arah Bekasi sampai Cikarang tidak perlu ke Jakarta tetapi bisa menggunakan commuter lain ke Jatinegara ataupun ke Cikarang untuk kereta-kereta melayani naik turun di stasiun tersebut," sebutnya.

Commuter Line Rangkasbitung

Penyesuaian perjalanan juga diberlakukan pada Commuterline Rangkasbitung. Penyesuaian terjadi dengan upaya KCI memperpendek headway pada lintas Rangkasbitung-Parungpanjang menjadi 4 menit dari sebelumnya 19 menit. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: