JK: Jangan Lupa, Jalan Tol Itu Bukan Dibangun Pemerintah, Tapi Investor

JK: Jangan Lupa, Jalan Tol Itu Bukan Dibangun Pemerintah, Tapi Investor

Pekerja menggunakan alat berat untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih di Prabumulih, Sumatera Selatan, Rabu (5/4/2023). (ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi)--

JK: Jalan Tol Itu Bukan Dibangun Pemerintah -  Wakil Presiden RI yang ke-10 dan 12  Muhammad Jusuf Kalla atau JK mengatakan, jalan tol yang selama ini dibangga-banggakan, bukan dibangun oleh pemerintah, tetapi oleh investor dan swasta. 

"Jadi anggaran itu jangan lupa jalan tol bukan pemerintah yang buat, jangan lupa ya, itu oleh investor oleh swasta," ujar JK saat ditemui di Universitas Paramadina Kampus Cipayung, Selasa 23 Mei 2023.

Menurut JK, pemerintah sebaiknya fokus membangun jalan non berbayar atau jalan gratis. Sebab saat ini, banyak yang alami kerusakan. 

 "Jadi mestinya pemerintah tetap fokus ke jalan-jalan non berbayar, kenapa rusak begitu besar menurut data BPS" kata JK. 

Mantan Wapres Jokowi ini menilai, perlu adanya keseimbangan di dalam pembangunan infrastruktur jalan. Baik jalan tol maupun  jalan gratis. 

BACA JUGA:Siap-siap! Tarif Tol Bakauheni - Terbanggi Besar Naik Mulai 25 Mei 2023 Pukul 00.00 WIB

JK mengatakan jalan tol berbayar harus memperhatikan akses jalan yang bisa dinikmati seluruh warga tanpa harus membayar lebih. 

"Baik yang bisa bayar, baik yang untuk masyarakat semua bisa jalan. Untuk masyarakat," imbuh dia.

JK mencontohkan jalan di Lampung yang rusak hinhha viral. Sementara di lain sisi pemerintah banggakan pembangunan ribuan kilometer jalan tol. 

BACA JUGA:Ketika Anies Baswedan Sindir Jalan Tol Era Jokowi Lalu Bandingkan Jalan Gratis di Era SBY

"Baru-baru ini viral kenapa jalan di Lampung dan juga di Makassar rusak. Di lain pihak kita juga bangga bahwa pemerintah juga waktu saya pemerintah, mampu membangun ribuan (kilometer) jalan tol," ucap JK.

Meski begitu JK membantah jika dianggap tidak setuju dengan pembangunan jalan tol. 

"Saya bilang kan kita punya tol lebih banyak tetapi seimbangkan dengan jalan biasa, jangan tol dibangun jalan biasa terlupakan," tuturnya. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: