Ketika Anies Baswedan Sindir Jalan Tol Era Jokowi Lalu Bandingkan Jalan Gratis di Era SBY

Ketika Anies Baswedan Sindir Jalan Tol Era Jokowi Lalu Bandingkan Jalan Gratis di Era SBY

Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan -Instagram Anies Baswedan-

Anies Baswedan Sindir Pembangunan Jalan Tol Era Jokowi - CALON Presiden Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menyindir pembangunan infrastruktur era Presiden Jokowi yang lebih mengutamakan pembangunan jalan tol atau jalan berbayar. 

Anies menyebut, Pemerintahan Jokowi bangun 63 persen jalan tol atau jalan berbayar. Dan yang paling panjang dibanding era Presiden sebelumnya. 

"Pemerintahan Indonesia kali ini membangun Jalan Tol terpanjang dibanding periode-periode sebelumnya" kata Anies Baswedan dalan pidato kebangsaan di acara perayaan Milad ke-21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS), di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu 20 Mei 2023.

Dia beberkan bahwa Pemerintahan Jokowi bangun jalan berbayar sepanjang 1569 km dari total 2499 km. 

BACA JUGA:Pidato Anies Baswedan: Jangan Takut Tunjukkan Pilihan Kita, Bila Kita Tawarkan Prinsip Keadilan

BACA JUGA:Survei Polmatrix: Elektabilitas Prabowo 25,1 Persen, Ganjar 24 Persen dan Anies 19,5 Persen

Sedangkan jalan tidak berbayar, atau jalan gratis, hanya dibangun Pemerintah Jokowi sebesar 19000 km saja. 

Jalan gratis yang dibangun Pemerintah Jokowo ini mencukupi Jalan nasional, jalan provinsi dan jalan Kabupaten. 

Anies menilai, jalan gratis itu penting, sebab jalan gratis ini yang menghubungkan mobilitas penduduk dari sudut-sudut desa ke perkotaan yang membawa produk pertanian, produk perkebunan, produk perikanan.

"Dari sentra sentra tempat yang mereka hasilkan, ke wilayah wilayah pasar, baik jalan nasional, jalan provinsi atau jalan kabupaten, terbangun 19000 km di pemerintahan sekarang" kata Anies Baswedan. 

Anies lalu bandingkan dengan era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY yang lebih utamakan pembangunan jalan gratis. 

"Kalau saya banding dengan pemerintahan SBY, jalan tak berbayar yang dibangun adalah sepanjang 144000 atau 7 setengah kali lipat dari pemerintah sekarang" kata Anies Baswedan. 

"Bila dibandingkan jalan nasional, pemerintahan ini bangun jalan nasional sepanjang 500 km. Di era 10 tahun sebelumnya 11.800 km. 20 Kali lipat" tutur Anies Baswedan. (*) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: