Kisah Rukmanah, Jemaah Haji Lansia 84 Tahun Asal Jawa Barat yang Masih Semangat ke Tanah Suci

Kisah Rukmanah, Jemaah Haji Lansia 84 Tahun Asal Jawa Barat yang Masih Semangat ke Tanah Suci

Jemaah bernama Rukmanah, lansia berusia 84 tahun-Tahta Aldo-

Rukmanah, Jemaah Haji Lansia 84 Tahun Asal Jawa Barat - Bersama rombongan jamaah haji asal Kabupaten Garut, jemaah bernama Rukmanah tiba di Asrama Haji Embarkasi Jakarta - Bekasi hari ini.

Rukmanah yang berusia 84 tahun ini, nampak bersemangat mengikuti prosesi persiapan di aula asrama sebelum keberangkatan haji ke Tanah Suci.

Rukmanah mengungkapkan sudah lama mendaftar untuk berangkat ibadah haji, hingga akhirnya dijadwalkan berangkat pada tahun 2024 ini.

"Saya asli Garut Sukaregang, daftarnya sendiri sejak tahun 2012," ungkap Rukmanah saat ditemui, Selasa 23 Mei 2023.

BACA JUGA:KPK Geledah Kemensos, Risma: Saya Belum Jadi Menteri Sosial

Ia seharusnya bisa berangkat ibadah haji ke Tanah Suci sejak beberapa tahun lalu, jika tidak terkendala adanya pandemi Covid-19.

"Harusnya berangkat tahun 2019 lalu, terus karena covid, terus karena usia juga baru bisa sekarang," ucapnya.

Rukmanah menjelaskan, selama ini dirinya beraktivitas sebagai ibu rumah tangga di rumahnya yang berlokasi dekat dengan pusat produksi jaket kulit di Garut.

Sebelum menjadi ibu rumah tangga, dirinya bekerja sebagai petugas Tata Usaha (TU) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga bisa berangkat haji ke Tanah Suci.

BACA JUGA:Fokus Jadi YouTuber, Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Tangerang Mengundurkan Diri

"Saya dulu pensiunan petugas TU di SMP, waktu zaman SR (Sekolah Rakyat) pensiun tahun 1988," jelasnya.

Nampak Rukmanah dalam kondisi sehat mengikuti pemeriksaan kesehatan, meski harus menggunakan kursi roda sebelum masuk ke kamar asrama.

"Saya sehat sekarang, alhamdulillah paling tua di antara yang lain, persiapan lengkap saya bawa pakaian, jaket," ungkapnya.

Dari Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rukmanah telah membawa obat pereda rasa nyeri tubuh agar dapat digunakan saat beribadah haji di Tanah Suci.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: