Din Syamsuddin Singgung PKS Usung Anies dan Berkoalisi dengan Demokrat dan NasDem

Din Syamsuddin Singgung PKS Usung Anies dan Berkoalisi dengan Demokrat dan NasDem

Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kedua kiri) bersama Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin (ketiga kanan) di Jalan Margasatwa, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela.--

Din Syamsuddin Singgung PKS Usung Anies dan Berkoalisi dengan Demokrat dan NasDem

Koalisi PKS dengan NasDem dan Demokrat disinggung Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Diketahui, PKS, NasDem dan Demokrat yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan Din Syamduddin saat menerima kunjungan Presiden PKS Ahmad Syaikhu ke kediamannya di Jalan Margasatwa, Cilandak, Jakarta Selatan, sekitar pukul 14.44 WIB, dengan didampingi sejumlah elite PKS, salah satunya Juru Bicara PKS Pipin Sopian.

"Saya amati dalam politik pencalonan presiden-wakil presiden, pencapresan, pilpres. PKS menampilkan jati diri sebagai partai politik (parpol) yang tetap konsisten pada kebenaran dan bahkan secara ikhlas dan legowo melepaskan kepentingan politik," ujar Din Syamsuddin, Selasa 23 Mei 2023.

BACA JUGA:Soroti Pernyataan Anies Soal Relasi Politisi-Pedagang, Formappi: Otokritik Bagi Nasdem!

Menurut dia, PKS memiliki hak dan peluang untuk mengajukan bakal calon wakil presiden (cawapres) dalam Koalisi Perubahan.

Meski begitu, kata Din, PKS terlihat tidak ingin mendesak terkait sosok bakal cawapres karena ada kepentingan lebih besar daripada itu.

"​​​​​Saya sambut dengan apresiasi dan sekaligus dengan harapan agar PKS tetap beristikamah sesuai jati diri sebagai partai yang menisbatkan diri dengan Islam," katanya.

Di sisi lain, Din juga mengapresiasi PKS sebagai partai ataupun fraksi di DPR dan DPRD yang konsisten dalam memperjuangkan kebenaran, keadilan, kesejahteraan dan kejujuran.

BACA JUGA:Kasus KDRT Kader PKS Bukhori Yusuf Dilimpahkan ke Bareskrim Polri

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyampaikan terima kasih atas kesediaan Din Syamsuddin telah menerima dia beserta rombongannya di kediaman Din.

Apa yang telah disampaikan Din, kata Syaikhu, merupakan tuntutan perjuangan bahwa partainya harus menyuarakan lebih lagi keluh kesah masyarakat demi mengungkapkan kejujuran dan kebenaran.

"Ini juga terus terang dari dorongan para tokoh bangsa seperti Pak Din Syamsuddin ataupun yang lainnya, terkhusus juga ketika kami berdiskusi, berdialog ini justru untuk menjaga demokrasi yang baik. Ada check and balances di antara pemerintah dengan DPR," ungkap Syaikhu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: