Prabowo Subianto Bisa Kalahkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Prabowo Subianto Bisa Kalahkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saat panen raya di Kebumen, Jawa Tengah-Youtube Sekretariat Negara-Youtube Sekretariat Negara

Prabowo Subianto Bisa Kalahkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 - Prabowo Subianto berpotensi menang pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Polmatrix Indonesia pada rentan 5-12Mei 2023.

Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto berdasarkan hasil survei, elektabilitas Prabowo Subianto unggul dari Ganjar Pranowo.

Elektabilitas Prabowo mencapai 25,1 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo 24,0 persen, sementara elektabilitas Anies Baswedan hanya di angka 19,5 persen.

BACA JUGA:

"Prabowo bisa mengalahkan Ganjar jika keduanya maju sebagai capres, sedangkan Anies melorot elektabilitasnya," ujarnya dalam keterangannya, Minggu, 21 Mei 2023.

Menurut Dendik, peta politik pencapresan akan didominasi perebutan posisi unggul antara Prabowo dan Ganjar.

"Menguatnya dukungan publik membuat Prabowo makin yakin untuk maju sebagai capres, dan menjadi magnet bagi partai-partai di luar koalisi PDIP," kata Dendik.

Sejauh ini, baru Gerindra dan PKB yang tetap pada komitmen mengusung Prabowo, tergabung dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Golkar yang memimpin Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disebut-sebut bakal bergabung setelah PPP merapat ke PDIP.

BACA JUGA:

"Upaya membentuk koalisi besar sedikit terhambat dengan manuver PDIP mencapreskan Ganjar, terbukti dari lepasnya PPP yang turut mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar," ujar Dendik menjelaskan.

Di luar tiga besar, papan tengah bursa capres masih dikuasai oleh nama-nama seperti Agus Harimurti Yudhoyono (4,8 persen) dan Ridwan Kamil (4,5 persen). Kejutan terjadi dengan menanjakknya elektabilitas Puan (4,0 persen) hingga menggeser Sandiaga Uno (3,6 persen).

Berikutnya ada Erick Thohir (2,5 persen), Khofifah Indar Parawansa (1,5 persen), Airlangga Hartarto (1,3 persen), dan Mahfud MD (1,0 persen).

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: